get app
inews
Aa Read Next : Juara 3 Piala Dunia 2022, Ini Torehan Fantastis Kroasia di Ajang Piala Dunia

Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Perekonomian Qatar Diprediksi Anjlok

Sabtu, 07 Mei 2022 | 16:48 WIB
header img
Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar. (F: Reuters)

"Ini adalah filosofi pembangunan Teluk yang dibangun-dan-mereka-akan-datang," kata Karen Young, seorang rekan senior di Institut Timur Tengah di Washington. Terowongan, jalan layang, dan jalan tol yang ditinggikan telah menggantikan jalan raya ganda Qatar yang tersumbat dan bundaran bergaya Inggris, dengan tepian yang sekarang ditanami pohon kurma, pohon kelor yang berbunga, rumput gurun dan bugenvil.

"Negara menanggung semua pendapatan ini, sehingga orang tidak marah jika terkadang ada sedikit pemborosan dan hal-hal tidak berhasil," tambah Young. Sejauh ini, ledakan konstruksi yang disponsori negara telah mendorong ekonomi non-energi Qatar, dengan sektor ini terdiri dari sekitar 12% dari PDB, menurut Outlook Ekonomi Qatar dari Otoritas Perencanaan dan Statistik Qatar untuk 2021-2023.

Konstruksi juga mempekerjakan hampir setengah tenaga kerja Qatar, yang membantu meningkatkan populasi sekitar 67% sejak 2011.

Namun, ketika dominasi konstruksi berakhir, ekonomi non-energi akan melambat, meskipun ada dorongan untuk diversifikasi yang bertujuan membangun swasembada.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut