get app
inews
Aa Read Next : Salem Al-Dawsari, Momok Argentina dan Potensi Dilirik Klub Papan Atas Dunia

Alamak! Arab Saudi Ditipu Amerika Serikat, Ini Penyebabnya

Selasa, 03 Mei 2022 | 17:10 WIB
header img
Pengeran senior Kerajaan Arab Saudi , Turki Al-Faisal. (F: Istimewa)

WASHINGTON, iNews.id – Arab Saudi diklaim tertipu atas janji Amerika Serikat terkait jaminan keamanan dan stabilitas kawasan teluk.

Hal itu diungkapkan Pengeran senior Kerajaan Arab Saudi , Turki Al-Faisal. Dia secara blakblakan mengatakan bahwa negaranya sudah dikecewakan oleh Amerika Serikat (AS) setelah Riyadh percaya pada Washington soal jaminan keamanan dan stabilitas kawasan Teluk.

BACA JUGA: Prabowo-Megawati Bertemu, Disinyalir Patenkan Duet Prabowo-Puan

Pengeran Turki Al-Faisal adalah mantan kepala intelijen Arab Saudi yang juga pernah menjabat sebagai duta besar untuk London dan Washington D.C.

Dia mengidentifikasi ancaman secara khusus sebagai pengaruh Iran di Yaman dan penggunaan Houthi sebagai alat “tidak hanya untuk mengacaukan Arab Saudi, tetapi juga mempengaruhi keamanan dan stabilitas jalur laut internasional” di sepanjang Laut Merah, Teluk dan Laut Arab.

“Fakta bahwa Presiden [Joe] Biden menghapus Houthi dari daftar teroris telah membuat mereka berani dan membuat mereka lebih agresif dalam serangan mereka di Arab Saudi, serta di UEA [Uni Emirat Arab],” kata Pangeran Turki kepada Katie Jensen, pembawa acara baru Arab News, "Frankly Speaking".

BACA JUGA: Catat! SEA Games 2022 LIVE di iNews, MNCTV, dan RCTI

Dia menyinggung pencabutan status organisasi teroris pada Houthi Yaman pada 12 Februari 2021 oleh pemerintahan Partai Demokrat, partainya Biden.

Sebelumnya, kelompok pemberontak Yaman itu dimasukkan AS dalam daftar Organisasi Teroris Asing.

Acara “Frankly Speaking” menampilkan wawancara dengan pembuat kebijakan dan pemimpin bisnis terkemuka, menyelam jauh ke dalam tajuk berita terbesar di Timur Tengah dan di seluruh dunia.

Selama penampilannya di acara video tersebut, Pangeran Turki menawarkan pandangannya tentang hubungan AS-Saudi, perang antara Rusia dan Ukraina, dan dinamika geopolitik Timur Tengah yang terus berubah pada saat kenaikan harga minyak dan ketegangan diplomatik.

“Kami selalu menganggap hubungan kami dengan AS sebagai hal yang strategis,” katanya tentang pertanyaan apakah banyak orang Saudi merasa mereka telah dikhianati oleh salah satu sekutu terdekat mereka.

BACA JUGA: Heboh! Postingan Dugaan SARA Rektor ITK, Sebut Mahasiswi Menutup Kepala ala Manusia Gurun

“Kami mengalami pasang surut selama bertahun-tahun dan mungkin, saat ini, ini adalah salah satu penurunan, terutama karena presiden AS, dalam kampanye pemilunya, mengatakan bahwa dia akan menjadikan Arab Saudi paria. Dan, tentu saja, dia melanjutkan untuk mempraktikkan apa yang dia khotbahkan: Pertama-tama, dengan menghentikan operasi gabungan yang dilakukan Amerika dengan Kerajaan [Arab Saudi] dalam menghadapi tantangan pemberontakan yang dipimpin Houthi di Yaman melawan rakyat Yaman," paparnya, yang dilansir Senin (2/5/2022).

"Dan, kedua, di antara tindakan serupa lainnya, dengan tidak bertemu dengan (Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman) dan secara terbuka menyatakan bahwa dia tidak akan bertemu dengan Putra Mahkota, dan, pada satu tahap, menarik baterai rudal anti-pesawat dari Kerajaan ketika kami berada menghadapi peningkatan serangan oleh Houthi menggunakan peralatan Iran seperti rudal dan drone," lanjut dia.

Menunjukkan bahwa Arab Saudi “sepanjang waktu telah menyerukan solusi damai untuk konflik Yaman", Pangeran Turki mengatakan: “Sayangnya Houthi selalu tidak menanggapi seruan itu atau mengabaikannya atau menentangnya. Dan, seperti yang kita lihat sekarang, seharusnya ada gencatan senjata yang ditetapkan oleh PBB, tetapi Houthi terus melanggar gencatan senjata itu dan memanfaatkan gencatan senjata untuk memposisikan kembali pasukan mereka dan mengisinya kembali.”

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut