get app
inews
Aa Read Next : Jangan Sembarangan! Begini Cara Mencuci Pakaian Dalam Agar Tak Cepat Melar

Wajib Tahu! Ini yang Terjadi Ketika Tubuh Tidak Memakai Celana Dalam

Rabu, 20 April 2022 | 05:44 WIB
header img
Ilustrasi. (IStimewa)

TIDAK Menggunakan celana dalam ketika di rumah, tentu bagi sebagian orang adalah sebuah keanehan. Selain itu, rasa canggung pun sangat terasa.

Begitupun ketika beraktivitas di luar rumah tentu sangat membuat seseorang takut. Celana dalam merupakan pakaian yang oleh masyarakat Timur memandang sebuah hal yang wajib.

BACA JUGA: Banjir Duit Lewat BLT Minyak Goreng dan Bansos Sembako, Ini Nominal Uang yang Diterima

Tidak memakai celana dalam dalam beraktivitas ataupun di rumah merupakan suatu hal yang menggelikan.

"Tidak ada satu penjelasan pun mengapa orang memakai pakaian dalam, tetapi alasan paling umum adalah karena itu dipandang sebagai norma masyarakat," kata Dr. Elizabeth Eden kepada Good Housekeeping. Meskipun mengenakan pakaian dalam memiliki manfaatnya, tetapi keputusan untuk mengenakan pakaian dalam atau tidak pada akhirnya tergantung pada preferensi pribadi. "Secara medis, area vagina Anda paling bahagia dan sehat ketika memiliki kesempatan untuk bernafas," jelas Dr. Lisa Masterson dari The Doctors pada PopSugar. Berikut yang akan terjadi pada tubuh saat berhenti memakai celana dalam seperti dilansir dari The List, Selasa (19/4/2022).

BACA JUGA: Heboh! Remaja 16 Tahun di Nepal Ditumbuhi Ekor, Begini Penampakkannya

1. Kurangi Risiko Infeksi

Berhenti mengenakan celana dalam dapat mengurangi kemungkinan terkena infeksi saluran kemih (ISK) atau jamur, terutama bagi Anda yang sering mengalami infeksi vagina.

Menurut Dr. Nini Mai, DACM, celana dalam dapat menjebak kelembapan dan mikroba berlebih. Kondisi ini dapat menciptakan lingkungan yang lembab di mana candida, jamur yang menyebabkan infeksi ragi, tumbuh subur. Ini bisa terjadi saat Anda sedang tidur atau olahraga, terutama jika Anda mengenakan celana dalam yang tidak menyerap keringat.

 

2. Istirahat Lebih Nyenyak

Tidak menggunakan celana dalam saat tidur dipercaya dapat membantu wanita istirahat lebih nyenyak. Sederhananya, terkadang vagina Anda membutuhkan udara segar dan harus terpapar udara, sama seperti area lain di tubuh lainnya.

Hal ini bisa sangat membantu wanita yang rentan terhadap infeksi vagina. Pasalnya, celana dalam dapat menjebak kelembapan dan lingkungan basah itu adalah tempat bakteri tumbuh sehingga menyebabkan infeksi jamur atau vaginosis bakteri. Baca Juga: Ini Rencana Menkes Budi Gunadi jika Vaksin Merah Putih Selesai Sesuai Jadwal

 

3. Minim Iritasi

Berhenti menggunakan celana dalam juga bisa membantu Anda minim risiko iritasi dan lecet. Dengan pakaian dalan yang terlalu ketat, iritasi dan gesekan pada area vagina bisa terjadi akibat gesekan yang ditimbulkan.

Gesekan biasanya terjadi ketika pakaian dalam yang Anda kenakan terbuat dari kain buatan, yang dapat mengiritasi kulit, termasuk labia. Ini juga bisa membuat Anda mengalami pendarahan atau cedera.

4. Pertimbangkan Apa yang Digunakan

Memang benar bahwa tidak memakai celana dalam dapat membantu mencegah lecet dan iritasi di bagian bawah, namun, itu juga tergantung pada celana yang Anda kenakan.

Jika Anda mengenakan piyama longgar atau sesuatu yang nyaman, tidak mengenakan celana dalam akan baik-baik saja. Namun, jika Anda mengenakan celana ketat seperti jeans tanpa celana dalam, bisa membuat Anda lebih teriritasi karena kain yang keras dapat bergesekan dan memberi tekanan pada vulva.

Terutama karena Anda tidak memiliki penghalang tambahan seperti celana dalam untuk melindungi.

 

5. Bau

Jika Anda memilih untuk berhenti mengenakan celana dalam saat olahraga, risiko bau tidak sedap pada vagina akan terjadi. Ini karena keringat memungkinkan bakteri kulit di area yang ditumbuhi rambut, termasuk area genital, menyebabkan bau badan.

Jika Anda tidak menggunakan celana dalam, tidak ada penghalang antara vagina dan celana pendek atau legging olahraga, alih-alih keringat mengenai pakaian dalam, keringat langsung masuk ke celana menyebabkan bau.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut