get app
inews
Aa Read Next : Alamak! Inggris Kirim Ahli Sabotase Pasukan Khusus ke Ukraina

Indonesia Akhirnya Kena Dampak Ekonomi Perang Rusia-Ukraina, Ini Taktik Menkeu Sri Mulyani

Kamis, 14 April 2022 | 14:50 WIB
header img
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto Setkab)

JAKARTA, iNews.id – Ancaman efek ekonomi terganggu di Indonesia akibat perang Rusia Ukraina, akhirnya terbukti.

Terganggunya ekonomi global, jadi alasan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut ekonomi Indonesia mengalami tekanan.

Sri Mulyani menyebut pemulihan ekonomi global mengalami tekanan disertai volatilitas pasar keuangan yang meningkat, seiring dengan eskalasi perang Rusia-Ukraina.

"Saya bersama Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua DK OJK Wimboh dan Ketua DK LPS Purbaya Yudhi Sadewa akan terus memperkuat koordinasi dan pemantauan bersama, termasuk melalui respons kebijakan yang terkoordinasi dan tersinergi," ujar Sri dalam akun Instagramnya di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

KSSK mencermati berbagai faktor risiko global yang perlu diwaspadai. Pertama, dinamika perang Rusia-Ukraina. Perang yang berkepanjangan dengan keterlibatan lebih banyak negara akan meningkatkan risiko baik bagi perekonomian maupun stabilitas sistem keuangan (SSK).

Kedua, pengaruh perkembangan harga komoditas global, terutama energi dan pangan, terhadap inflasi yang akan memengaruhi kinerja korporasi dan rumah tangga. Ketiga, langkah kebijakan moneter negara maju, baik melalui kenaikan suku bunga acuan maupun normalisasi balance sheet yang dapat menyebabkan volatilitas pasar keuangan dan kenaikan cost of fund.

"Mengantisipasi ketiga hal itu, APBN akan terus memberikan respons aktif dan antisipatif serta menjadi shock absorber untuk melindungi kesehatan dan daya beli masyarakat. APBN juga akan terus dijaga kesehatannya agar mampu menjaga keberlanjutan pemulihan ekonomi," jelas Sri.

BI melalui instrumen moneter terus menjaga stabilitas nilai tukar dan terkendalinya inflasi, termasuk melanjutkan kebijakan makroprudensial akomodatif untuk turut mendorong pemulihan ekonomi.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut