get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Cegah Obesitas pada Anak, Lakukan Cara Berikut Ini

Jum'at, 04 Maret 2022 | 10:15 WIB
header img
Cegah obesitas pada anak. (Foto ilustrasi: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Obesitas bukan saja dialami oleh orang dewasa, melainkan pada anak-anak juga, termasuk bayi dan balita. Obesitas telah menjadi salah satu masalah kesehatan di dunia, termasuk di Indonesia. Lalu, apa penyebabnya? 

Dokter spesialis anak dr Winra Pratita mengatakan, obesitas pada anak terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan energi dan energi yang dikeluarkan. “Sehingga, terjadi kelebihan energi yang selanjutnya disimpan dalam bentuk jaringan lemak,” ujarnya dalam paparan di acara virtual ‘Media Briefing: Hari Obesitas Sedunia 2022’ beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, obesitas pada anak dapat memberikan efek yang buruk. Sebab, anak-anak yang obesitas cenderung mengalami komplikasi dari ujung kepala sampai ujung kaki. Mulai dari risiko sakit kepala, kurang percaya diri, depresi, asma, kolesterol tinggi, darah tinggi, penyakit jantung, hingga diabetes tipe 2.

Untuk menghindari hal itu, dr Winra membeberkan cara-cara mencegah obesitas bagi bayi dan balita. “Saya anjurkan pada bayi 0-12 bulan diberikan air susu ibu (ASI) eksklusif sampai usia 6 bulan dna pemberina MPASI (makanan pendamping ASI) yang tepat,” ujarnya.

Di samping itu, hindari memberikan minuman manis atau makanan selingan yang tidak sehat. Kemudian, untuk bayi berusia 12-24 bulan, hindari memberikan minuman manis, konsumsi jus, dan susu yang berlebihan.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut