get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Resmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di IKN

Presiden Jokowi Lantik Tiga Menteri Baru, Kader PDIP Terhempas

Senin, 19 Agustus 2024 | 12:18 WIB
header img
Pelantikan menteri oleh Jokowi, Senin (19/8/2024). Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Pada Senin (19/8/2024), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pelantikan untuk tiga menteri baru serta satu wakil menteri di Istana Negara, Jakarta. 

Supratman Andi Agtas secara resmi dilantik sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Rosan Roeslani menjadi Menteri Investasi, dan Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat Menteri Investasi kini dipindahkan menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Selain itu, Angga Raka Prabowo juga diangkat sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pengangkatan para menteri dan wakil menteri dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, sebelum mereka diambil sumpahnya.

"Demi Allah, saya bersumpah akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya, demi bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian sumpah yang diucapkan oleh para menteri dan wakil menteri yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Mereka juga menambahkan, "Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab."

Setelah prosesi sumpah, acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara pelantikan yang dilakukan bersama dengan Presiden Jokowi.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut