get app
inews
Aa Read Next : Ini Gejala Omicron di Malam Hari, Simak Selengkapnya

Wajib Tahu! Ini 6 Gejala Klinis Varian Omicron

Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:10 WIB
header img
Ilustrasi gejala Omicron. (Foto: Istimewa)

PENULARAN Dan Penyebaran kasus harian positif covid-19, termasuk varian omicron, di kisaran angka puluhan ribu. Menandakan persebaran dan penularan infeksi covid-19 di tengah masyarakat masih merajalela.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), per Jumat 25 Februari 2022, angka kasus harian positif covid-19 hampir menembus angka 50.000, tepatnya bertambah 49.447. Ini menjadikan total kasus konfirmasi positif per Jumat kemarin di angka 5.457.775.

Dengan penularan yang masih tinggi, semua orang wajib meningkatkan kewaspadaan serta mengenali gejala klinis dari infeksi covid-19 varian omicron. Sebetulnya apa saja gejala-gejala klinis dari terinfeksi varian omicron?

Berikut ulasan singkat gejala klinis infeksi varian omicron, seperti yang dipaparkan dokter spesialis paru Dr dr Erlina Burhan MSc Sp.P(K) dalam workshop Kemenkes bertajuk 'Varian Omicron dan Strategi Penanganan Pandemi Covid-19', Jumat 25 Februari 2022.

 

1. Batuk

Pasien positif covid-19 yang terinfeksi virus omicron disebutkan sampai 89 persen pasti mengalami batuk dan sebanyak 16 persen juga disertai kesulitan bernapas alias sesak napas.

2. Kelelahan

Gejala kedua terbanyak yang ditimbulkan omicron adalah serangan ke otot tubuh. Sebanyak 65 persen pasien positif covid-19 mengalami kelelahan dan badan pegal-pegal.

3. Hidung tersumbat

Hidung tersumbat (rinore) atau hidung berair disebutkan jadi gejala khas dari omicron selain nyeri dan gatal tenggorokan. Hingga 59 persen pasien covid-19 diketahui mengalami hidung tersumbat ketika terinfeksi omicron.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut