get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Gunung Awu Status Siaga

Ini Tanaman Tradisional yang Berkhasiat Redakan Asam Lambung

Rabu, 10 Juli 2024 | 12:20 WIB
header img
Ilustrasi asam lambung. Foto /Shutterstock/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com – Tanaman tradisional yang merupakan bumbu dapur ternyata bisa meredakan asam lambung.

Adalah kunyit yang menjadi tanaman tradisional yang mujarab menekan sakit asam lambung yang parah.

Selain meredakan asam lambung, kunyit berkhasiat dalam pengobatan antara lain untuk mengobati peradangan sendi (osteoarthritis), kanker, mengurangi kelebihan gas pada saluran pencernaan. Kunyit merupakan jenis tanaman obat kelompok tanaman rimpang (Zingeberaceae).

Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada lapisan lambung. Nah, Kurkumin juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel lambung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kunyit dapat merangsang produksi lendir di lambung, yang dapat melindungi lapisan lambung dari iritasi akibat asam lambung. Kunyit dapat membantu merangsang produksi empedu, yang membantu dalam pencernaan makanan dan dapat mengurangi gejala asam lambung.

Selain itu, Kunyit memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi infeksi bakteri yang dapat memperburuk kondisi asam lambung.

Namun, penting untuk diingat bahwa kunyit sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, karena konsumsi kunyit dalam dosis tinggi dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Selain itu, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai pengobatan herbal, terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang sudah ada atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut