get app
inews
Aa Read Next : Diler Mobil PT KS Winangun Manado Disomasi Kedua Kali Terkait Kasus Penggelapan DP Mobil

5 Alasan Pesawat Berwarna Putih yang Jarang Diketahui

Senin, 22 April 2024 | 18:51 WIB
header img
Alasan pesawat berwarna putih. Ilustrasi/Istimewa

4. Warna Putih Memudahkan Menemukan Kerusakan

Pesawat terbang dibuat dengan teknik yang rumit dan diperiksa secara berkala untuk alasan keamanan yang jelas. Tujuannya adalah untuk mendeteksi cacat struktural seperti kerusakan atau keausan. Hal ini bahkan dilakukan sebelum setiap penerbangan dengan tur visual dari teknisi ramp dan pilotnya sendiri.

Warnanya yang putih sangat memudahkan dalam mendeteksi benturan, retakan, benturan burung bahkan tumpahan minyak di dalam pesawat. Kerusakan ini selalu lebih gelap daripada putih, sehingga sangat mudah untuk mengidentifikasinya. Dengan demikian, warna putih memfasilitasi rutinitas keselamatan dan karenanya melindungi pilot dan penumpang.

 

5. Putih adalah Warna Paling Ekonomis

Cat pesawat merupakan perpaduan khusus antara cat poliuretan dan berbagai katalis serta aktivator. Harganya jauh lebih mahal daripada cat yang ditemukan di supermarket untuk dekorasi interior.

Mahalnya lagi karena luas permukaan yang akan dicat di pesawat sangat luas. Diperlukan minimal 240 liter cat untuk mengecat Boeing 737, dan jumlah tersebut mencapai 3.600 liter untuk Airbus A380.

Karena merupakan warna yang paling umum, cat putih juga paling murah di pasaran. Oleh karena itu, warna ini menjadi pilihan banyak maskapai penerbangan untuk pesawat mereka. Tapi bukan itu saja, putih juga merupakan cat yang lebih tipis sehingga paling ringan. Dan pesawat ringan adalah pesawat yang konsumsi bahan bakarnya lebih sedikit.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut