get app
inews
Aa Read Next : MNC Group Persilahkan Masyarakat Nobar, Tapi Non Komersial

4 Penyebab Pusing di Pagi Hari yang Jarang Diketahui

Selasa, 16 April 2024 | 05:13 WIB
header img
Penyebab pusing di pagi hari. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com – Pusing di pagi hari sering dirasakan sebagian orang. Tanda ini harus diwaspadai karena jika sering terjadi bisa jadi ada gangguan pada kesehatan.

Tanda pusing di pagi hari dapat dirasakan pada pandangan mata yang terlihat kabur dan kepala terasa pening.

Menurut dr. Karin Wiradarma dilansir berbagai sumber, pusing diartikan sebagai perasaan melayang, kepala terasa ringan, atau berputar. Kondisi ini merupakan gejala umum yang dapat dialami oleh siapa saja, dan kapan saja. Penyebab pusing pun bisa beragam, mulai dari masalah fisik hingga psikis.

 

4 Penyebab Pusing di Pagi Hari yang Jarang Diketahui:

 

1. Gula darah rendah

Tubuh Anda membutuhkan energi dari karbohidrat untuk beraktivitas yang kemudian dipecah menjadi gula (glukosa). Ketika pasokan tersebut menurun, maka pusing tidak dapat terhindarkan.

Kondisi gula darah rendah dapat terjadi ketika Anda belum terbiasa berpuasa, melakukan diet ketat, lupa makan, atau melakukan olahraga berat tanpa makanan yang cukup.

 

2. Stres

Hampir dari setiap orang akan merasakan stres yang timbul akibat berbagai macam faktor, baik karena tumpukan pekerjaan, kehidupan sehari-hari bahkan banyaknya tuntutan. Ingat, stres yang berlebihan dapat mengakibatkan depresi.

Stres, depresi dan beragam keadaan yang membuat Anda tertekan nyatanya tidak baik bagi tubuh. Anda bisa kekurangan hormon serotonin dan pada akhirnya menimbulkan pusing di kepala. Untuk itu, sebaiknya singkirkan beragam pikiran negatif sebelum naik ke tempat tidur.

 

3. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

Benign paroxysmal positional vertigo atau yang biasa dikenal sebagai vertigo merupakan kondisi di mana kepala merasa pusing dan ruangan di sekeliling terasa berputar.

Umumnya, vertigo disebabkan oleh perubahan posisi kepala yang mendadak, misalnya ketika bangun tidur.

 

4. Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol dan penyalahgunaan obat juga dapat meningkatkan risiko pusing dan sakit kepala berdenyut di pagi hari.

Apalagi, jika kamu minum alkohol secara berlebihan sebelum tidur, maka kondisi mabuk pun tidak bisa dihindari. Selain itu, alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi, sehingga bisa menyebabkan sakit kepala.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut