Logo Network
Network

Thom Haye, Gelandang Timnas Indonesia Berdarah Kawangkoan Disebut Mirip Andrea Pirlo

Norman Octovianus
.
Jum'at, 29 Maret 2024 | 12:22 WIB
Thom Haye, Gelandang Timnas Indonesia Berdarah Kawangkoan Disebut Mirip Andrea Pirlo
Thom Haye, gelandang Timnas Indonesia. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Thom Haye mencuri perhatian penggemar sepakbola tanah air ketika melakukan debut bersama Timnas Indonesia ketika melawan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona asia pada 26 Maret 2024 lalu. 


Netty Haye-Sie, nenek Thom Haye asal Kawangkoan Minahasa, Sulawesi Utara. Foto/Istimewa
 
Thom Haye menciptakan satu assist untuk terciptanya gol pembuka Timnas Indonesia yang dicetak bek Jay Idzes lewat sundulan kepala. Thom Haye pun disebut memilik tendangan sepak pojok mematikan layaknya pesepakbola Andrea Pirlo semasa aktif bermain. 

Thom Haye merupakan gelandang bertahan dari klub liga Utama Belanda, SC Heerenveen. Gelandang berusia 29 tahun itu menunjukkan kapasitas sebagai salah satu gelandang terbaik Eropa lewat aksinya yang berhasil menjadi gelandang pemotong serangan Vietnam.

Bahkan, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memuji permainan pemain yang dinaturalisasi PSSI pada Desember 2023 lalu. 

Thom Haye memiliki nama lengkap Thom Jan Marinus Haye dan lahir 9 Februari 1995.

Thom Haye adalah pemain internasional muda Belanda, pernah tampil untuk tim nasional di level U-15 dan U-21. Dia adalah bagian dari tim yang memenangkan Kejuaraan U-17 Eropa UEFA 2012.

Thom Haye merupakan keturunan Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah dan neneknya Netty Haye-Sie yang berasal dari Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara.

Follow Berita iNews Manado di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini