get app
inews
Aa Read Next : Suhu Udara Makin Panas pada Siang Hari, Dianjurkan Pakai Pelembab Tabir Surya

7 Manfaat Berbuka Puasa dengan Semangka

Senin, 25 Maret 2024 | 19:45 WIB
header img
Manfaat berbuka puasa dengan semangka. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com – Tujuh manfaat berbuka puasa dengan semangka wajib diketahui. Semangka merupakan salah satu buah yang direkomendasikan di konsumsi saat berpuasa.

Berdasarkan penelitian Journal of Fruit Science, buah semangka memiliki kandungan Air yang tinggi sekitar 92%, Karbohidrat sekitar 7%, Protein sekitar 1%, Lemak sekitar 0,2%, Serat sekitar 0,4%.

Semangka memiliki nama latin yakni Citrullus lanatus yang merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun. Semangka berasal dari  Palestina, yang tumbuh dari Jenin sampai Gaza.

Ini 7 manfaat berbuka puasa dengan semangka dirangkum Senin (25/3/2024).

 

1. Lancarkan Pencernaan

Manfaat berbuka puasa dengan semangka yang pertama dalah melancarkan fungsi pencernaan. Jika kita rutin berbuka dengan semangka bisa membantu mengatasi masalah ini.

Kandungan serat dalam semangka membantu mendukung kesehatan usus. Selain itu, buah ini mengandung cairan dan prebiotik yang merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik di usus besar.

 

2. Sehatkan Jantung

Buah semangka dikonsumsi saat berbuka puasa atau sementara menjalankan ibadah puasa bisa menyehatkan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen mungkin memiliki manfaat kardiovaskular, termasuk mengurangi risiko stroke.

Tentu manfaat buah semangka lainnya bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Manfaat buah semangka yang kaya akan antioksidan vitamin C, dapat melindungi dan memperbaiki jaringan vena, arteri, serta jantung.

 

3. Jaga Suhu Tubuh

Suhu tubuh saat berpuasa bisa terjaga jika kita rutin mengonsumsi semangka. Pengaturan suhu tubuh, fungsi organ normal, pengiriman nutrisi ke sel, dan konsentrasi membutuhkan hidrasi tubuh yang memadai. Karena semangka terdiri dari lebih dari 90 persen air, maka buah ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga hidrasi tubuh.

 

4. Bernutrisi

Semangka merupakan sumber citrulline, yaitu asam amino yang dapat meningkatkan performa olahraga. Selain itu, kandungan vitamin C, karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E dalam semangka bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.

 

5. Cegah Gula Darah

Buah Semangka bisa mengontrol gula darah saat berpuasa. Semangka relatif rendah karbohidrat, satu porsi buah ini memiliki beban glikemik atau glycemic load (GL) sebesar 5, artinya jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

 

6. Tingkatkan Imun

Manfaat berbuka puasa dengan semangka yakni bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam semangka meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menyembuhkan luka, dan penting untuk pembentukan jaringan ikat baru.

Kandungan vitamin B6 dalam semangka juga membantu tubuh memecah protein yang kamu makan, dan juga penting untuk sistem kekebalan dan fungsi saraf.

 

7. Rendah Kalori

Semangka adalah salah satu buah yang rendah kalori. Hanya terdapat 46 kalori per cangkir yang bahkan lebih rendah dari buah 'rendah gula' seperti buah beri. Manfaat buah semangka juga bebas lemak.

Itulah 7 manfaat berbuka puasa dengan semangka. Semoga bermanfaat!

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut