get app
inews
Aa Read Next : Korem 131/Santiago Peringati Isra Miraj 1445 H

Isra Miraj 2024 Jatuh pada Tanggal Berapa? Cek di Sini Jadwal dan Sejarahnya

Rabu, 31 Januari 2024 | 10:53 WIB
header img
Isra Miraj 2024 (Foto: Ilustrasi

MANADO, iNewsManado.com - Isra Miraj merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam. Ini adalah momen perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dari Makkah ke Masjid Al-Aqsa, kemudian diangkat ke langit ketujuh untuk menerima perintah sholat lima waktu. 

Lantas, Isra Miraj 2024 jatuh pada tanggal berapa? berdasarkan kalender Hijriah yang dirilis Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Isra Miraj 2024 jatuh pada Kamis, 27 Rajab 1445 H atau 8 Februari 2024. 

Diketahui bahwa Isra Miraj merupakan peristiwa penting dalam agama Islam. Sejarah Isra Miraj berisi perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menembus langit ketujuh. 

Kemudian bertemu Allah Subhanahu wa Ta'ala di Sidratul Muntaha atau langit tertinggi. Ketika peristiwa Isra Miraj itu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berbicara langsung dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kemudian menerima perintah sholat fardhu lima waktu untuk semua Muslim. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ ءَايَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِير

"Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad Shallallahu alaihi wassallam) pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (Quran Surat Al Isra (17) Ayat 1) 

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut