get app
inews
Aa Read Next : Begini Analisa Ahli Terkait Gerhana Matahari Total 8 April 2024

Catat! Ini 4 Gerhana di 2024, No 2 Paling Ditunggu

Rabu, 03 Januari 2024 | 11:23 WIB
header img
Gerhana di 2024. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Ada 4 gerhana di 2024 yang akan terjadi. Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang cukup menarik, karena fenomena ini melibatkan benda-benda langit yang ada di tata surya.

 Istilah gerhana sendiri adalah gambaran proses terjadinya pergerakan benda langit kedalam sebuah bayangan benda langit lainnya membuatnya tertutup.

Nah, gerhana di 2024 ini terbagi yakni 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan. Masing-masing terjadi dalam rentang waktu tidak berjauhan. 

Ini 4 gerhana di 2024 yang dirangkum iNewsManado.com, Rabu (3/1/2024). 

 

1. Gerhana Bulan Penumbra (25 Maret 2024) 


Foto/Istimewa

Gerhana di 2024 pertama tahun ini adalah gerhana bulan penumbra yang terjadi di titik turun orbit bulan di Virgo. Ini merupakan gerhana penumbra sangat dalam dengan magnitudo penumbra [10] 0,9577 dan durasi gerhana 279,9 menit.

Gerhana Bulan Penumbra berlangsung ketika sebagian sinar Matahari terhalang oleh Bumi, menyebabkan Bulan memasuki area penumbra Bumi. Saat Bulan melintasi penumbra, cahayanya perlahan memudar. Kejadian ini terjadi saat Bulan, Matahari, dan Bumi berada sejajar, memungkinkan Bulan hanya terkena bayangan penumbra Bumi. Efeknya terlihat saat gerhana mencapai puncak, di mana Bulan terlihat redup dibanding saat dalam fase purnama.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut