get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Pagoda Ekayana di Kota Tomohon

5 Keunikan Kota Tomohon yang Wajib Diketahui

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 08:41 WIB
header img
Pagoda Ekayana di Kota Tomohon (Foto : Subhan Sabu)

MANADO, iNewsManado.com - Keunikan Kota Tomohon akan diulas dalam artikel kali ini. Kota Tomohon merupakan salah satu kota yang berada di Sulawesi Utara. 

Sebelum tahun 2003, Tomohon merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa. Dalam perkembangannya, Tomohon mengalami kemajuan, sehingga ada aspirasi dari warga Tomohon untuk meningkatkan status Tomohon menjadi sebuah kota.

Tomohon menjadi daerah otonom (kota) dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara oleh DPR RI, tetapi peresmiannya baru pada tanggal 4 Agustus 2003. 

Keberadaan kota Tomohon juga diikuti dengan sejumlah keunikan dari berbagai aspek. 

Ini 5 Keunikan Kota Tomohon yang dirangkum pada Jumat (13/10/2023). 

 

1. Kota Bunga

Tomohon sering disebut sebagai "Kota Bunga" karena terkenal dengan keindahan taman dan kebun bunga. Banyak warga Tomohon yang memiliki kebun bunga di halaman rumah mereka, sehingga kota ini penuh dengan berbagai jenis bunga yang indah.

 

2. Suhu Sejuk

Tomohon berada di dataran tinggi, sehingga memiliki iklim yang relatif sejuk dan sejuk sepanjang tahun. Hal ini menjadikannya tempat yang nyaman untuk berlibur dari panasnya iklim tropis Sulawesi.

 

3. Kuliner Eksotis

Tomohon terkenal dengan masakan eksotisnya, termasuk makanan khas Minahasa seperti paniki (tikus hutan), ulu (kelelawar), dan adobo (masakan ayam). Wisatawan sering mencoba makanan ini untuk pengalaman kuliner yang unik.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut