get app
inews
Aa Read Next : 4 Buah Ini Bisa Perbaiki Kadar Gula Penderita Diabetes

Jangan Keseringan! Minum Soda Setiap Hari Bisa Berdampak Buruk bagi Tubuh

Selasa, 25 Januari 2022 | 12:30 WIB
header img
Minum soda setiap hari bisa berdampak buruk bagi tubuh. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Berbagai macam produk minuman bersoda sudah banyak beredar di pasaran. Minuman jenis ini merupakan salah satu yang di favoritkan banyak orang. 

Minum soda memang sudah jadi suatu kebiasaan yang di lakukan sebagian orang. Apalagi diminum saat pergi ke klub malam usai ajojing, pasti rasanya segar. 

Namun di sisi lain, soda bisa menjadi sumber kalori, gula atau pemanis buatan yang jika asupannya berlebihan bisa berdampak buruk pada tubuh. 

Bagaimanapun, menjadikan soda sebagai minuman sehari-hari merupakan hal yang buruk. Apa saja masalah yang bisa muncul? Berikut ulasan seperti dikutip dari Livestrong

1. Risiko penyakit jantung dan stroke meningkat

Sebuah meta-analisis Mei 2014 dalam Aterosclerosis menemukan, satu porsi harian soda atau minuman manis lainnya dikaitkan dengan peningkatan 16 persen penyakit jantung. Soda biasa dan soda diet juga dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke, menurut sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada Mei 2012.

2. Membahayakan usus

Efek konsumsi harian soda pada kesehatan usus sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. 

“Soda baik yang biasa maupun yang untuk diet berdampak negatif pada usus,” kata praktisi pengobatan yang berbasis di New York City, Anya Rosen, RD, CPT.

3. Risiko diabetes meningkat

Soda, seperti minuman manis lainnya, dapat menyebabkan lonjakan gula darah setelah Anda meminumnya. Ketika gula darah melonjak, insulin dilepaskan ke dalam aliran darah untuk membawa gula itu ke dalam sel untuk energi atau penyimpanan.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut