get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata Air Terjun di Manado

25 Tempat Wisata di Manado serta Keunikannya, Berikut Ulasannya

Jum'at, 01 September 2023 | 13:25 WIB
header img
Taman Nasional Bunaken. (Foto: Finrol/Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Tempat wisata di Manado jadi salah satu tujuan wisatawan di Indonesia baik lokal maupun mancanegara.

Keunikan Manado yang sering dikunjungi wisatawan, karena Manado dikenal sebagai daerah dengan tingkat toleransi tinggi. 

Bagaimana tidak, di Manado, sebagai ibukota provinsi Sulawesi Utara, hidup berdampingan berbagai suku dan agama dan saling rukun. 

Hal ini membuat wisatawan lokal dan mancanegara pun nyaman datang dan berwisata di Manado. 

Pun, sejumlah tempat wisata di Manado jadi alasan wisatawan datang. Selain telah mendunia, beberapa tempat wisata di Manado menyimpan keunikan tersendiri. 

Berikut 25 tempat wisata di Manado serta keunikannya dirangkum Jumat (1/9/2023).

 

1. Jembatan Soekarno


Jembatan Soekarno di sore hari. Foto/Istimewa

Jembatan Soekarno menjadi tempat wisata yang tren di Manado saat ini. Di area sekitar jembatan, sejumlah warga memanfaatkan dengan berjualan makanan dan cemilan khas Manado. Sehingga, lokasi ini dipadati warga di malam hari dengan mengabadikan foto karena ada spot yang menarik.

Keunikan jembatan soekarno, karena jembatan ini berada di atas akses kapal ke pelabuhan Manado. 

 

2. Taman Nasional Bunaken


Keindahan Taman Laut Bunaken. Foto/Istimewa

Bunaken menjadi tempat wisata favorit para wisatawan. Selain telah mendunia, Bunaken juga menjadi tempat wisata impian karena kekayaan biota lautnya.

Keunikan dari Bunaken, terletak pada kehidupan masyarakat sekitar yang masih tradisional. 

 

3. Malalayang Beach Walk


Harga tiket masuk destinasi Malalayang beach walk jadi pembahasan. Foto/Sulawesi Utara Community/Istimewa

Setelah dipugar dan diresmikan pada 2023 ini, lokasi wisata pantai dan kuliner Malalayang Beach Walk jadi tempat menarik saat ini. Selain itu, keunikan disini adanya keberadaan tugu boboca dan berbagai wahana bermain bagi anak-anak dan orang dewasa. 

 

 

4. Gereja Sentrum Manado


(Foto: Istimewa)

Gereja Sentrum Manado jadi tempat wisata religi di Manado. Banyak mungkin yang kurang mengetahui sejarah gereja ini. Keunikan gereja Sentrum Manado, gereja ini adalah gereja tertua di Kota Manado. 

 

5. Rumah Alam 

Rumah Alam merupakan tempat wisata yang bertema petualangan karena banyak wahana bermain yang ekstrem tapi aman. Berada di dekat Jalan Ringroad Manado, keunikan rumah Alam karena tempat wisata yang didominasi pepohonan dan berada di tengah keramaian Kota Manado. 

6. Gunung Tumpa


Foto/Istimewa

Tempat wisata yang satu ini patut dikunjungi. Lokasi wisata gunung Tumpa menyajikan pemandangan indah. Gunung Tumpa jadi tempat wisata pilihan akhir pekan karena keunikannya bisa dengan melihat tiga tempat sekaligus (Kota Tomohon, Manado dan Minahasa Utara). 

 

7. Godbless Park


Godbless Park di kawasan bisnis di Manado. Foto/Istimewa

Godbless Park dibangun di era Wali Kota Manado Vicky Lumentut. Tempat ini jadi tempat wisata religi pada awal pembangunannya. Berada di kawasan bisnis Mega Mas, tempat ini jadi tempat kunjungan di sore hari. Menariknya, keunikan Godbless Park, di sekitar area ini jadi tempat anak muda untuk berolahraga. 

 

8. Jarod 45

Pada awal keberadaan Jarod 45, tempat ini dulunya hanya tersedia beberapa tempat minum kopi biasa. Seiring waktu, Jarod 45 yang kepanjangannya Jalan Roda di kawasan Pasar 45, berubah fungsi. Bukan saja sebagai lokasi wisata kuliner namun uniknya, saat ini Jarod 45 sudah jadi kawasan yang memiliki info update soal perkembangan politik di Sulawesi Utara. Tak heran, karena politisi, pejabat negara datang dan ngopi di sini. 

 

9. Taman Kesatuan Bangsa 

Taman Kesatuan Bangsa atau disingkat TKB merupakan tempat wisata yang populer di Manado. Di sini, warga dari berbagai penjuru Manado kumpul di sore dan malam hari. Sebab, TKB ini berada di tengah lokasi belanja di pusat kota. Uniknya, di malam hari sejumlah pedagang asongan membanjiri tempat ini. 

 

10. Kampung Cina 

Istilah kampung cina digunakan karena keberadaan sejumlah klenteng. Berada di pusat kota Manado, Kampung Cina menjadi tempat paling ramai saat perayaan Imlek. Uniknya, kampung cina ini berada di tengah -tengah pemukiman yang beragam agama. 

11. Patung Yesus Memberkati


Patung Yesus Memberkati di kawasan perumahan Citraland, Manado. Foto/Istimewa

Patung Yesus memberkati adalah karya Alm Ir Ciputra di Manado. Patung ini berada di area perumahan Citraland Manado yang merupakan perumahan milik Ciputra. Patung ini merupakan ikon di Manado. Bisa diakses dari berbagai tempat. Uniknya, patung ini merupakan patung yesus tertinggi kedua di dunia. 

 

12. Wakeke


Bubur Manado

Wakeke merupakan nama tempat di Manado yang tenar karena kuliner khas Manado, Bubur Manado. Tempat ini jadi wisata kuliner bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Manado. Uniknya, di Wakeke, wisatawan bisa hanya dengan jalan kaki untuk mencapai lokasi strategis di Manado. 

 

13. Citraland Water Park

Citraland Water Park merupakan lokasi wisata air yang berada di Perumahan Citraland. Tidak jauh berbeda dengan kolam renang pada umumnya, namun keberadaan tempat ini menjadi unik karena wisata lokal yang sifatnya religi diadakan di tempat ini. 

 

14. Zero Point


Tugu Zero Point Manado yang memiliki sejarah panjang sejak masa penjajahan Belanda Abad 19. Foto/Istimewa

Zero Point adalah istilah yang dipopulerkan ditahun 2000an. Zero Point berada di dekat kawasan bisnis pasar 45 yang merupakan pusat kota. Zero Point merupakan tugu penanda yang uniknya, zero point ternyata adalah titik awal pengukuran batas Kota Manado dengan kota lainnya di sekitarnya seperti Kota Tomohon maupun kabupaten Minahasa Utara dan Minahasa. 

 

15. Warong Kobong

Warong Kobong merupakan tempat wisata kuliner. Berada di Jalan Pomorouw, Teling, Manado, warong kobong banyak didatangi warga dari luar Kota Manado. 

Keunikan warong kobong, di tempat ini menyajikan kue-kue khas Manado yang tradisional serta kue dari berbagai suku di Sulawesi Utara. 

16. Tugu Lilin

Tempat wisata tugu lilin masuk destinasi wisatawan sebab tempat ini menjadi simbol keberagaman. Bagaiaman tidak, tugu lilin di bangun di area yang tingkat keberadaan penduduk dari multi etnis dan agama. 

Keunikan tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai serta bisa mengakses beberapa lokasi wisata lainnya. 

 

17. Marina Plaza 

Marina Plaza merupakan kawasan bisnis di dekat Jembatan Soekarno. Tempat ini menjadi lokasi wisata kuliner karena keberadaan penjual ikan bakar. Ikan bakar di sini jadi populer dan dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara karena kenikmatannya. Youtuber Nex Carlos pun pernah membuat konten di tempat ini. Keunikan di sini, pedagang menggunakan kulit pala untuk membakar ikan. 

 

18. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua merupakan tempat wisata di Manado yang dikenal luas. Berada di dekat Bunaken, keindahan pantai serta keberadaan karang yang belum terjamah jadi jaminan. Uniknya, ketika berada di tempat ini, wisatawan bisa melihat kota Manado yang indah di malam hari. 

 

19. Klenteng Ban Hin Kiong


Kelenteng Ban Hin Kiong merupakan Kelenteng Tertua di Manado. Foto/Istimewa

Klenteng Ban Hin Kiong berada di kampung cina. Klenteng ini merupakan salah satu Klenteng legend di Manado. Selain pusat wisata religi, keunikan Klenteng ini karena berusia di atas 1000 tahun. Karena di bangun pada tahun 1800an.

 

20. Pura Jagadhita Taas


Pura di Taas. Foto/Istimewa

Selain wisata alam di Manado, destinasi wisata religi pun sering dipilih wisatawan. Ada beberapa tempat keagamaan disini, salah satunya Pura Jagadhita Taas. Pura ini merupakan salah satu tempat ibadah umat Hindu yang penting di kota Manado dan menjadi simbol keberagaman agama di Sulawesi Utara.

Pendirian pura ini mulai dibangun pada tahun 1983 oleh Krama Bali. Desain pura di buat sangat unik serta sudah mengalami beberapa kali renovasi. Hal itu membuat desain bangunan masih terjaga dengan sangat baik.

21. UPTD Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara


Museum Provinsi Sulut. Foto/Istimewa

Bangunan museum terdiri dari tiga lantai dengan halaman yang asri dan pepohonan rindang. Model wisatanya mengusung konsep kebudayaan rumah adat ala Minahasa. Ketika menginjakkan kaki di halaman depan, Anda akan menjumpai koleksi ornamen kuno. Di dalam museum ada sekitar 2.810 buah koleksi yang bernilai sejarah dan langka.

Anda bisa berkeliling ke satu per satu ruangannya, dan melihat pajangan galeri yang dipamerkan. Ada pula sarana edukasi yang baik untuk buah hati, yaitu pengetahuan singkat mengenai cara membuat gerabah. Bahkan gerabah-gerabah buatan masyarakat setempat juga dipajang disini. Uniknya, Di museum ini Anda juga mendapati display tata pelaminan dan pakaian adat orang Minahasa.

 

22. Boulevard ll 

Nah, tempat wisata di Boulevard ll mulai dikenal pada akhir 2022 lalu. Di sini lebih kental dengan wisata kuliner karena keberadaan penjual ikan bakar serta cemilan. Keunikan di tempat ini, pembeli bisa mendapatkan ikan segar dari para nelayan. 

 

23. Karpet Biru

Karpet Biru berlokasi di lahan Balai Penilitian Kelapa dan Palma (Balitka) Jalan Raya Mapanget, Kelurahan Paniki Dua, Kota Manado. Karpet biru jadi tempat wisata di Manado dan dikenal pada 2015 silam. Tempat ini, warga bisa berolahraga di atas karpet biru disertai pemandangan indah sekitar. Uniknya, tempat ini dulunya merupakan arena pacuan kuda. 

 

24. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas berada Kelurahan Kima Atas, Kecamatan Mapanget, Manado. Keunikan tempat ini karena berada di dekat pusat kota Manado. Jika ke tempat ini, keasrian dirasakan pengunjung. 

 

25. Museum Perjuangan 


Museum Perjuangan Sulut. Foto/Istimewa

Tempat wisata di Manado yang terakhir adalah museum Perjuangan. Banyak wisatawan kurang mengetahui tempat ini. Namun, keunikan yang ada di museum perjuangan, pengunjung bisa melihat barang barang tradisional masyarakat Manado pada zaman dulu. 

Itulah tempat wisata di Manado. Mengunjungi Kota Manado tak lengkap ketika belum berwisata di sejumlah tempat yang dipaparkan dalam artikel di atas. Semoga bermanfaat.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut