get app
inews
Aa Read Next : 4 Buah Ini Bisa Perbaiki Kadar Gula Penderita Diabetes

Wajib Tahu! Ini Manfaat Buah Pare untuk Diabetes

Rabu, 09 Agustus 2023 | 14:54 WIB
header img
Manfaat buah pare untuk diabetes. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Manfaat buah pare untuk diabetes banyak yang tidak mengetahui. Tingginya manfaat buah pare untuk diabetes ternyata telah melalui penelitian medis. 

Dilansir berbagai sumber, Rabu (9/8/2023), Pare mempunyai banyak nama di beberapa daerah di antaranya paria, Pare (Jawa) Poya, Pudu (Sulawesi), Papariane (Maluku), Paya (Nusa Tenggara). 

Pare banyak terdapat di daerah tropis tumbuh baik di dataran rendah dan dapat ditemukan tumbuh liar di tanah terlantar, tegalan, atau dibudidayakan dan ditanam di pekarangan dengan dirambatkan di pagar untuk diambil buahnya. 

Tanaman ini tidak memerlukan banyak sinar matahari sehingga dapat tumbuh subur di tempattempat yang agak terlindung. 

Pare bukan tanaman asli Indonesia, melainkan berasal dari luar negeri yang beriklim panas. Para ahli tanaman memastikan pusat utama tanaman pare terdapat di Asia tropis terutama daerah India bagian barat, yakni Assam dan Burma. Belum ditemukan data atau informasi terinci kapan tanaman pare masuk ke Indonesia.

Pare mengandung nutrisi penting. Sebagai informasi satu cangkir (94 gram) pare mentah mengandung: Kalori 20, Karbohidrat 4 gram, Serat 2 gram, Vitamin C 93% dari Referensi Asupan Harian (RDI). Kemudian, Vitamin A 44% dari RDI, Folat: 17% dari RDI, Kalium 8% dari RDI, Seng: 5% dari RDI, Besi 4% dari RDI. 

Pare sangat kaya akan vitamin C, mikronutrien penting yang bermanfaat untuk mencegah penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka. Pare juga tinggi vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak yang meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

Bahkan pare mengandung folat, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta potasium, seng, dan zinc dalam jumlah yang lebih kecil.

Pare juga merupakan sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang baik, senyawa antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa penelitian mengkonfirmasi peran buah ini dalam pengendalian gula darah. Sebuah studi kecil pada 24 orang dewasa penderita diabetes menunjukkan bahwa mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c, sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kontrol gula darah selama tiga bulan.

Studi lain pada 40 penderita diabetes menemukan bahwa mengonsumsi 2.000 mg per hari pare selama 4 minggu membantu penurunan kadar gula darah.

Pare juga dapat meningkatkan sekresi insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut