get app
inews
Aa Read Next : Mayjen TNI Candra Wijaya Buka Lomba Cabang Olahraga Piala Pangdam Antar Satuan Kodam XIII/Merdeka

Ini Sejarah Kota Manado, Kota yang Dikenal dengan Tingkat Toleransi Tinggi

Rabu, 09 Agustus 2023 | 14:42 WIB
header img
Sejarah Kota Manado. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Sejarah Kota Manado akan diulas dalam artikel kali ini. Kota Manado merupakan salah satu kota besar di Pulau Sulawesi. Manado merupakan ibukota provinsi Sulawesi Utara. 

Kota Manado tercatat memiliki 11 kecamatan dengan 87 kelurahan dan desa. Manado terletak di Teluk Manado dan dikelilingi  daerah pegunungan serta pesisir pantai yang merupakan tanah reklamasi dan dijadikan kawasan perbelanjaan.

Berbagai suku dan RAS saat ini berada di Kota Manado. Bukan saja penduduk asli, namun pendatang dari luar ramai ramai mengadu nasib di Kota Manado yang dikenal juga sebagai Kota Tinutuan

Jumlah penduduk di Manado diperkirakan sebanyak 476.910 jiwa per tanggal 30 Juni 2022 berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2022 dengan kepadatan 2.934 jiwa/km2.

Dilansir dari manadokota.go.id, Manado dari arah utara, timur dan selatan dikelilingi bukit landai, bergelombang dan barisan pegunungan yang hijau. Sebelah barat dengan pemandangan laut biru yang dihiasi tiga pulau eksotik yakni Bunaken, Manado Tua dan Siladen yang terkenal dengan pesona wisata bawah lautnya.

Sebelum maju dan berkembang besar, Manado merupakan bagian dari wilayah Minahasa. Sampai tahun 1947, Manado masih wilayah Minahasa dengan nama Wenang.

Menurut Prof Geraldine Manoppo-Watupongoh, pergantian nama Wenang menjadi Manado dilakukan Spanyol pada tahun 1682. Menurutnya, Manado diambil dari nama pulau di sebelah Bunaken, yaitu Pulau Manado (kini Manado Tua).

Mengapa Wenang harus diganti menjadi Manado? Sebab di dalam dokumen dan surat-surat penting bangsa Portugis, Spanyol dan Belanda, nama Manado banyak tercantum dan lebih dikenal dibanding Wenang. 

Tahun 1623, nama Manado mulai dikenal dan digunakan di dalam surat-surat resmi. Itulah alasannya sehingga Wenang diganti menjadi Manado. Untuk menjaga nilai sejarahnya, di belakang kata Manado ditambahkan kata tua, sehingga menjadi Manado Tua hingga saat ini.

Dari bahasa mana Manado berasal? Kata Manado berasal dari bahasa daerah sub etnis di Sulawesi Utara. Penyebutannya berdasarkan dialek masing-masing. Bangsa Eropa menyebutnya berdasarkan lidah mereka. Orang Portugis menyebutnya Moradores, orang Spanyol menyebutnya Manados.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut