get app
inews
Aa Read Next : Wow, Mars Punya Gunung Berapi Tinggi 6,8 Km

Di Planet Mars Tak Ada Tanda Kehidupan, Ini Fakta Terbaru!

Jum'at, 14 Januari 2022 | 16:07 WIB
header img
Meteorit Allan Hills 84001 berasal dari Mars dan ditemukan di Antartika pada tahun 1984. (Foto/JSC/NASA)

Para peneliti menyimpulkan senyawa organik dalam meteorid ALH 84001 terbentuk ketika batuan vulkanik berinteraksi dengan cairan asin di awal terbentuknya Mars.

“Temuan ini menjelaskan seberapa baik Mars dapat mendukung kehidupan dan tujuan lain. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bagaimana beberapa blok unsur penting bagi kehidupan di awal terbentuk Bumi, juga diproduksi di tempat lain di tata surya kita, seperti bulan Saturnus Enceladus,” kata Andrew Steele, seorang ahli astrobiologi dan ilmuwan staf senior di Carnegie Institution for Science di Washington DC, yang memimpin penelitian baru ini kepada Space.com yang dikutip SINDOnews, Jumat (14/1/2022).

Penelitian baru ini bukan pertama kalinya, sebab meteorit sudah lama menarik perhatian dan diteliti para ilmuwan untuk menyelidiki asal usul kehidupan.

Pernah ada banyak kontroversi mengenai meteorid ALH 84001 termasuk keberadaan fosil mikroba dari Mars. Banyak penelitian sekarang menunjukkan faktor abiotik dapat membantu menjelaskan fosil yang tampak ini.

"Saya pikir perdebatan tentang meteorit ini mempolarisasi pandangan sejumlah komunitas selama bertahun-tahun. Saya berharap hasil penelitian terbaru ini menginspirasi perdebatan dengan cara yang positif," tambah Steele.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut