get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Kantor Gubernur Sulawesi Utara

Kanwil Kemenag Sulut Lepas 372 Calhaj ke Embarkasi Balikpapan

Kamis, 15 Juni 2023 | 21:34 WIB
header img
Pelepasan Calon Haji asal Sulawesi Utara ke Embarkasi Balikpapan (Foto iNewsManado/Subhan)

MANADO, iNewsManado.com - Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melepas 372 Calon Haji (Calhaj) dari Kloter 16 yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Talaud, Sangihe, Minahasa tenggara, Kotamobagu, Bolmong, Tomohon, Boltim, Bolmut dan Bolsel.

Kakanwil Kemenag Sulut, Hi Sabrin Sehe mengatakan aspek persiapan pemberangkatan Calhaj sudah 98 persen, sisanya tinggal masalah teknis seperti pesawat yang diharapkan tidak mengalami delay mau pun kendala yang berarti.

"Yang berangkat hari ini 294 Calhaj dari kloter 16 dan dan kurang lebih 40 orang dari kloter 17 yang kita berangkatkan duluan. Total ada 372 yang hari ini kita berangkatkan," ujar Kakanwil Kemenag Sulut, Kamis (15/6/2023).

Selain itu kata dia, seluruh Calhaj asal Sulut berjumlah 753 orang dari kuota 758 orang. Dia juga mengimbau kepada para Calhaj agar tetap terus menjaga kesehatan dan mengikuti instruksi petugas haji yang ada.


Pelepasan Calon Haji asal Sulut ke embarkasi Balikpapan (Foto iNewsManado/Subhan)

"Cuaca di Arab Saudi sedang eksterim, baik itu di Mekkah dan di Madinah, untuk itu lebih baik banyak menyimpan tenagadulu agar pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan juga uang tali kasih dari Gubernur Sulut yang diberikan secara simbolis oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulut, Hi Asripan Nani.

"Tali kasih ini bentuk kepedulian dan bantuan Gubernur Sulut dalam hal ini Pemerintah Provinsi Sulut. Total tali kasih yang diberikan Rp2,1 Milyar lebih," kata Asripan.

Kakanwil Kemenag Sulut menambahkan bahwa selain Pemerintah Provinsi Sulut, masing-masing Kabupaten Kota juga memberikan tali kasih dengan jumlah yang bervariasi. 

"Dari Pemerintah Provinsi Sulut semua Calon Haji mendapatkan tali kasih, setiap tahun diberikan oleh bapak Gubernur," pungkasnya.

 

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut