get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Gorengan Sehat dan Rendah Kolesterol, Ini Cara Membuatnya

Minggu, 09 Januari 2022 | 07:35 WIB
header img
Cara membuat gorengan sehat dan rendah kolesterol. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya dengan olahraga saja, pola makan juga sangat berperan penting dalam hal ini. Terlebih bagi Anda yang hobi makan gorengan, ada hal yang harus Anda ketahui tentang jenis makanan ini. 

Gorengan merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Camilan ini terkenal memiliki rasa yang lezat dan membuat ketagihan.

Namun sayangnya, dibalik kelezatan gorengan ada kolesterol jahat yang mengintai tubuh. Ya, apalagi camilan ini dimasak menggunakan banyak minyak goreng.

Sudah menjadi hal umum jika makanan yang diolah dengan cara digoreng memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan, makanan yang digoreng dapat mengakibatkan obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang selanjutnya dapat menyebabkan kondisi kesehatan serius seperti penyakit jantung dan diabetes. 

Satu studi pada 2017 mengungkapkan, makan kentang goreng dapat meningkatkan risiko kematian. Ditemukan, orang yang makan kentang goreng lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko medis yang lebih tinggi yang dapat meningkatkan potensi kematian dini. 

Penyebab utamanya adalah minyak yang tidak sehat digunakan untuk menggoreng kentang serta tingginya jumlah garam yang ditambahkan ke dalamnya. 

Merangkum dari Health Site, proses menggoreng dapat mengubah kualitas dan meningkatkan kandungan kalori dalam makanan. 

Sebagian besar restoran cepat saji menggunakan minyak terhidrogenasi, yang tinggi lemak trans, untuk menggoreng makanan untuk meningkatkan rasanya. Tapi minyak ini tidak baik untuk kesehatan manusia. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar kolesterol baik (HDL), dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut