get app
inews
Aa Read Next : 2 Bandara Ditutup Sementara Akibat Dampak Erupsi Gunung Ruang

Arus Mudik di Bandara Sam Ratulangi Manado Diprediksi Meningkat 9 Persen

Jum'at, 14 April 2023 | 09:01 WIB
header img
Pembukaan posko terpadu angkutan lebaran 2023 (Foto : Ist)

MANADO, iNewsManado.com - Puncak arus mudik di Bandara Sam Ratulangi Manado dipredisi terjadi pada H-3 atau pada 19 April 2023 dengan pergerakan penumpang diprediksi mencapai 4.931. Arus penumpang kali ini diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar 9 persen dari tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk arus balik diperkirakan terjadi pada H+6 di tanggal 29 April 2023 dengan pergerakan penumpang mencapai 4.692 berangkat dan tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T Gandeguai mengatakan bahwa selama periode Januari hingga Maret 2023 Bandara Sam Ratulangi Manado telah melayani sebanyak 354.770 penumpang.

"Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi juga peningkatan jumlah total pergerakan penumpang sebanyak 26 poersen dibandingkan dengan periode yang sama dengan tahun lalu," ujar Minggus usai pembukaan posko terpadu angkutan lebaran 2023, Jumat (14/4/2023).

Kata Minggus, ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh stakeholder untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan dalam musim mudik lebaran tahun ini. 

Dan bagi calon penumpang diharapkan untuk tetap dapat memperhatikan ketentuan dan syarat perjalanan yang berlaku, dimohon untuk tetap tertib melaksanakan protokol kesehatan.

"Posko terpadu angkutan lebaran 2023 bertujuan menciptakan penyelenggaraan angkutan udara yang selamat, aman, nyaman tertib lancar dan teratur serta memenuhi persyaratan dalam prosedur keselamatan penerbangan sipil sesuai regulasi yang berlaku," tutur Minggus.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Ambar Suryoko menambahkan bahwa mudik kali ini merupakan yang pertama kali selama masa pandemi Covid-19.

"Mudik kali ini adalah mudik yang pertama kali dalam kurun waktu tiga tahun terakhir selama masa pandemi dengan moto "Mudik Aman dan Berkesan," ujar Ambar.

Turut hadir dalam pembukaan posko tersebut Kepala Dinas Perhubungan, Danlanudsri Manado, Dansat Brimob Polda Sulut, Basarnas, Polsek Bandara, KKP, Airnav Indonesia dan stakeholder lainnya.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut