Logo Network
Network

Konsumsi Nasi Berlebihan Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya, Berikut Penjelasannya

Muhammad Sukardi
.
Selasa, 28 Desember 2021 | 08:06 WIB
Konsumsi Nasi Berlebihan Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya, Berikut Penjelasannya
Konsumsi nasi berlebihan bisa sebabkan penyakit berbahaya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Nasi sudah menjadi makanan pokok masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara. Bahkan, bagi sebagian orang di Indonesia jika makan tanpa nasi dianggap seperti belum makan. Oleh karena itu makan nasi tiga kali sehari sudah bukan hal aneh di Indonesia.

Tapi, Anda perlu tahu bahwa konsumsi nasi berlebihan itu tidak baik. Ya, pada dasarnya apapun yang berlebihan itu akan selalu menimbulkan masalah dan itu berlaku juga pada nasi. 

Bahaya konsumsi nasi berlebihan jangan dianggap sepele. Selain bisa meningkatkan kadar gula darah hingga sebabkan diabetes, juga berisiko terkena penyakit jantung.

Dijelaskan Layanan Penelitian Pertanian Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam 1 cangkir nasi terkandung 44,6 gram karbohidrat dan 4,25 gram protein. Jumlah ini juga tak jauh berbeda dengan beras merah yang dibilang lebih sehat karena kandungan serat yang lebih banyak.

"Faktanya, konsumsi terlalu banyak pangan tinggi karbohidrat termasuk berat dapat menyebabkan diabetes," kata Ahli Nutrisi Clyde Wilson, dikutip dari Health Digest

Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa Anda hadapi jika makan nasi terlalu banyak. Meski, kita juga harus tahu bahwa di dalam nasi terkandung banyak sekali nutrisi mulai dari magnesium, selenium, fosfor, mangan, dan vitamin B.

Lalu, apa saja bahaya jika konsumsi nasi berlebihan? Simak penjelasan berikut:

Follow Berita iNews Manado di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.