get app
inews
Aa Read Next : Profil Ramoy Luntungan, Ketua Tim Kampanye YSK-Victory di Pilgub Sulut

Ini Gejala Asam Lambung yang Sering Diabaikan

Sabtu, 04 Maret 2023 | 09:06 WIB
header img
Gejala asam lambung yang sering diabaikan. Ilustrasi/Freepik

JAKARTA, iNewsManado.com - Gejala asam lambung kadang tidak diketahui kebanyakan orang. Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang dianggap sepele. 

Selain ketidaktahuan akan gejala asam lambung yang muncul, penyakit ini sering disamakan dengan Maag. 

Nah, gejala asam lambung yang muncul biasanya tidak diketahui karena gejalanya hampir sama dengan penyakit lain, seperti batuk. Jika dibiarkan, asam lambung akan menjadi parah menjadi penyakit refluks gastroesofagus atau GERD.

Pada tingkat ini, seseorang akan merasakan sensasi terbakar di dada dan nyeri dada hingga tembus punggung. Selain itu, gejala asam lambung yang terus dibiarkan tanpa pengobatan bisa berakibat fatal. 

Pertama, gejala asam lambung biasanya ditandai dengan rasa mulas. Mulas dirasakan dengan berbarengan sensasi terbakar di dada.

Mulas terjadi karena sfingter esofagus bagian bawah tidak berfungsi dengan baik, menyebabkan isi dari lambung bocor kembali ke kerongkongan. Asam lambung dapat mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan gejala. 

Gejala asam lambung berikut ditandai dengan munculnya Regurgitasi.

Regurgitasi terjadi karena kembalinya makanan ke mulut dari lambung. Penderita akan merasakan nyeri di dada, rasa pahit di mulut serta kesulitan menelan. 

Gejala asam lambung berikut adalah batuk. Batuk malam hari atau batuk setelah makan adalah tanda-tanda yang terkait dengan batuk akibat asam lambung naik.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut