get app
inews
Aa Read Next : 4 Buah Ini Bisa Perbaiki Kadar Gula Penderita Diabetes

Jangan Dikonsumsi Terlalu Lama! Ini Beberapa Jenis Obat yang Berbahaya untuk Ginjal

Jum'at, 24 Desember 2021 | 09:17 WIB
header img
Beberapa jenis obat yang berbahaya untuk ginjal. (Foto ilustrasi: Istimewa)

Seperti dikutip Everyday Health, pada umumnya, penderita diabetes dan hipertensi tidak perlu takut untuk minum obat dalam jangka panjang asalkan sesuai dengan anjuran yang dokter berikan. 

Lantas obat jenis apa yang bisa membahayakan fungsi ginjal jika dikonsumsi dalam waktu yang lama? 

1. Obat Pereda Nyeri 

Obat non-steroid anti-inflamasi (NSAID), seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen bermanfaat sebagai pereda nyeri, demam, dan peradangan. Jenis obat NSAID biasanya dijual bebas di apotek tanpa resep dokter.

Ternyata konsumsi obat NSAID melebihi dosis atau dalam jangka waktu panjang, karena hal ini bisa memicu penyakit ginjal kronis yang dikenal sebagai nefritis interstisial. 

Label pada obat ini umumnya tidak memperbolehkan Anda minum lebih dari 6 – 8 tablet per hari atau menggunakannya dalam jangka panjang lebih dari 10 hari. 

2. Antibiotik 

Minum obat antibiotik dalam jangka panjang selain bisa memicu resistensi antibiotik, juga bisa melukai ginjal bahkan jika Anda memiliki ginjal sehat sebelumnya. 

Ada beberapa jenis antibiotik yakni penisilin, sefalosporin, dan sulfonamid yang bila dikonsumsi terus menerus bisa merusak ginjal, khususnya dapat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Untuk itu, penting untuk mengikuti saran dokter tiap kali menerima resep obat antibiotik. 

3. Obat Maag dan Asam Lambung 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut