get app
inews
Aa Read Next : 4 Buah Ini Bisa Perbaiki Kadar Gula Penderita Diabetes

Jangan Dikonsumsi Terlalu Lama! Ini Beberapa Jenis Obat yang Berbahaya untuk Ginjal

Jum'at, 24 Desember 2021 | 09:17 WIB
header img
Beberapa jenis obat yang berbahaya untuk ginjal. (Foto ilustrasi: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Begitu banyaknya jenis obat yang beredar dipasaran membuat setiap orang dengan mudah untuk mengonsumsinya. Padahal, ada beberapa jenias obat yang tidak boleh di konsumsi dalam jangka waktu yang lama, karena bisa berbahaya bagi organ tubuh lain. 

Mengonsumsi obat secara rutin dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Bagimana dengan orang yang memiliki penyakit tertentu dan harus mengonsumsi obat terus-menerus? 

Penderita diabetes dan hipertensi, misalnya. Untuk mengendalikan penyakitnya, mereka harus mengonsumsi obat secara rutin dalam jangka waktu yang lama. Bila tidak maka tekanan darah dan gula darak tak akan terkontrol. 

Jangan panik, khusus dua kondisi di atas, minum obat tidak lantas dapat menyebabkan penyakit ginjal. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa penggunaan obat untuk menangani diabetes dan hipertensi bisa mencegah komplikasi lebih serius berkaitan dengan kesehatan ginjal. 

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menyebut bahwa obat ACE inhibitor (lisinopril) dan ARB (losartan) merupakan dua jenis pengobatan untuk darah tinggi yang bisa memperlambat hilangnya fungsi ginjal pada penderita hipertensi. 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut