get app
inews
Aa Read Next : Mengenal 7 Gunung Berapi di Sulawesi Utara, No 4 Paling Ganas

Bikin Merinding, Berikut 10 Kejadian Angker di Gunung Salak

Kamis, 23 Desember 2021 | 10:52 WIB
header img
10 kejadian angker di Gunung Salak. (Foto: Istimewa)

CERITA mistis sering membuat orang merasa penasaran untuk mengikutinya. Walupun bikin merinding, bagi sebagian orang cerita mistis merupakan hal yang menarik untuk diikuti. Salah satunya seperti kejadian angker di Gunung Salak ini, dijamin bikin bulu kuduk merinding. 

Gunung Salak merupakan rangkaian gunung berapi yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini selalu diselimuti dengan cerita misteri yang berhasil mengundang berbagai rasa keingintahuan masyarakat. 

Gunung Salak oleh masyarakat setempat dianggap sebagai salah satu wilayah yang suci. Maka bagi mereka yang kerap mendaki gunung, menjaga sikap dan perkataan menjadi hal yang sepatutnya dilakukan. 

Terlebih konon ceritanya, Gunung Salak menyimpan berbagai kejadian angker. Nah, penasaran kejadian apa saja? Seperti dirangkum Okezone, berikut 10 kejadian angker di Gunung Salak. 

1. Pendaki hilang misterius

Seperti sudah menjadi rahasia umum ketika mendengar pendaki yang kerap dikabarkan hilang saat berada di Gunung Salak. Bahkan, setiap tahunnya pasti dari cerita yang berhembus selalu berakhir dengan hal yang sama.

Menurut penduduk sekitar Gunung Salak dengan berbagai cerita tentang hilangnya pendaki, disebut kerap erat kaitannya dengan larangan untuk memetik bunga anggrek.

Dipercaya, ketika seseorang memetik bunga anggrek maka setelahnya ia akan kehilangan arah. Bahkan ketika ia merasa berjalan jauh untuk menemukan jalan keluar namun tetap saja hanya akan berputar-putar di tempat yang sama.

Pendaki yang hilang arah hanya akan mampu terselamatkan, ketika ia meletakkan kembali bunga anggrek yang dipetiknya ke tempat semula.

2. Tersesat 3 bulan di Gunung Salak, tapi ditemukan di Cirebon

Melansir dari saluaran YouTube RJL 5, diketahui seorang pendaki bernama Hadi telah tersesat selama kurang lebih 3 bulan lamanya di Gunung Salak. Dengan cerita yang semakin mengherankan ketika pendaki itu justru ditemukannya di daerah Cirebon.

Bahkan, akibat rentetan peristiwa itu Hadi juga sempat terpaksa memakan hewan liar seperti ular, dan kucing hutan agar tetap bisa bertahan hidup.

3. Misteri Puncak Manik

Gunung Salak memiliki Puncak Manik yang diyakini sebagai letak kerajaan gaib Pajajaran. Selain itu, pada bulan-bulan tertentu Puncak Manik diceritakan sebagai tempat digelarnya acara Dongdang yang dimainkan oleh bangsa gaib.

Bahkan, jika pendaki berada di sekitaran tempat tersebut akan mengalami berbagai kejadian yang tidak masuk akal. Seperti halnya, cuaca yang berubah secara tiba-tiba, atau juga hembusan angin yang dirasa tak tentu arahnya.

4. Sosok misterius dekat bibir sungai

Menurut cerita salah seorang pendaki, ketika ia mendirikan tenda di dekat bibir sungai menuju mata air. Ia bersama temannya melihat beberapa orang yang terlihat berada di seberang aliran sungai.

Sosok tersebut terlihat sangat jelas dengan mengenakan baju menyerupai kain ihram berwarna putih, namun saat didekati keberadaannya dibantu dengan cahaya senter ternyata sosok tersebut hilang begitu saja.

5. Binatang gaib raksasa

Kerap dikisahkan oleh para pendaki, bahwasanya saat berada di Gunung Salak mereka seringkali mendengar atau bahkan melihat berbagai sosok gaib menyerupai binatang.

Mulai dari adanya sosok monyet yang berukuran lebih besar dari gorila, babi hutan yang seukuran truk tronton, hingga suara derapan kuda.

6. Suara alunan gamelan Sunda

Gunung Salak yang berada di tanah sunda, memiliki berbagai cerita gaib semakin terasa mencekam.

Terlebih, saat para pendaki juga menceritakan pengalamannya sempat mendengar alunan gamelan sunda di tengah hutan layaknya seperti sedang menggelar hajatan.

7. Penampakan prajurit Prabu Siliwangi

Berbagai sosok gaib tak hanya menyerupai sosok hewan, ataupun berupa suara aneh. Namun, juga sosok yang menyerupai prajurit yang mengenakan pakaian seperti zaman dahulu.

Bahkan, sosok gaib tak hanya muncul saat menjelang waktu maghrib ataupun malam. Namun, tak jarang para pendaki melihat sosok tak kasat mata saat matahari masih menyingsing terlihat.

8. Misteri kampung setan

Masyarakat sekitaran Gunung Salak memang sangat mempercayai perihal keberadaan kampung setan.

Bahkan beberapa cerita pendaki menyebutkan bahwa puncak Gunung Salak terlihat sangat ramai pada malam hari. Meskipun pada kenyataannya suasana sunyi yang semakin terasa kental.

9. Sosok nenek tua penunggu tebing

Menurut pendaki yang ternyata pernah melihatnya, sesosok nenek tua itu umurnya berkisar 80 tahun. Bahkan nenek tua tersebut terlihat memiliki kelihaian untuk memanjat tebing yang curam.

Semakin membuat bulu kuduk merinding, ketika cerita nenek tua itu yang tiba-tiba saja menghilang tanpa jejak.

10. Jalan bercabang mistis

Dari sekumpulan cerita para pendaki, awal mula tersesatnya adalah karena munculnya jalan bercabang. Jalan bercabang yang pada awal pendakian sama sekali tidak terlihat.

Bahkan, karena seringnya hal janggal yang dialami para pendaki, mereka juga telah memberi tanda jalan dengan pita untuk memudahkan mengingat jalur Gunung Salak. Namun, tetap saja kejadian seperti tersesat atau hilangnya pendaki tidak dapat terelakkan.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut