get app
inews
Aa Read Next : Senyum Anak Yatim Mewarnai Buka Puasa di Grand Whiz & Whiz Prime Hotel Megamas Manado

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim dan Keistimewaannya dalam Islam

Rabu, 22 Desember 2021 | 08:36 WIB
header img
Keutamaan menyantuni anak yatim dan keistimewaannya dalam Islam. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.id – Keutamaan Menyantuni anak yatim pada dasarnya merupakan sebuah amalan dan akhlak yang mulia di mata Allah SWT dan juga bagi sesama manusia. Terlebih lagi jika seorang anak tersebut masih kecil dan belum dapat berdiri sendiri. 

Keutamaan menyantuni anak yatim sangat banyak, baik di dunia maupun di akhirat. Hal itu salah satunya karena kedudukan anak yatim dalam Islam begitu istimewa. Alquran secara tegas menyatakan anak yatim adalah sosok yang harus dikasihi, dipelihara dan diperhatikan. 

Allah SWT berfirman: "Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah, 'Memperbaiki keadaan mereka adalah baik,'" (QS. Al-Baqarah [2]: 220). 

Perlu diketahui, batasan bagi seorang anak masih disebut anak yatim adalah sampai orang tersebut telah dewasa atau baligh. Sebagaimana penjelasan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits: “Tidak ada keyatiman setelah mimpi.” (HR Abu Daud). 

Mimpi dalam hadits di atas maksudnya adalah mimpi basah yang menjadi penanda baligh. Selain itu, tanda baligh lainnya adalah tumbuhnya rambut kemaluan, sudah haid bagi anak perempuan, serta sudah mencapai umur 15 tahun. 

Nah, berikut telah dirangkum oleh MNC Portal Indonesia mengenai tujuh keutamaan menyantuni anak yatim, dikutip dari kanal YouTube VDVC religi. 

1. Meraih peluang dekat dengan Rasulullah SAW di surga

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut