get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Waspada! 6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Selasa, 21 Desember 2021 | 07:45 WIB
header img
Banyak minum air putih dapat mencegah gagal ginjal. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.idGagal ginjal sering terjadi karena seseorang terlampau dehidrasi atau pun terkontaminasi dengan obat-obatan berbahaya. Dalam beberapa kasus, adanya tumor dan kista juga dapat menyebabkan gagal ginjal.

Karena itu, perbanyaklah minum air putih untuk mencegahnya. Jangan menunggu haus, karena dampaknya bisa bikin tubuh lemas dan mulut terasa asam.

Bila seseorang menderita gagal ginjal, waspadai risiko gejala nyeri di bagian bawah perut dan susah berkemih. Ada juga pasien yang mengalami perubahan warna urine saat berkemih. Belum lagi ditambah demam, mual, muntah, tubuh lemas, dan gejala lain yang tak terhindarkan.

Pasien yang menderita penyakit ginjal kronik, umumnya akan mengalami kondisi tidak enak selama lebih dari tiga bulan. Ginjal akan sulit mempertahankan banyak kemampuan untuk menyaring limbah dalam tubuh.

Satu-satunya yang bisa dilakukan untuk pertolongan ini adalah dengan cuci darah rutin. Penderita juga bisa melakukan transplantasi ginjal, namun pastikan donornya memiliki ginjal yang baik.

Berikut ini kebiasaan buruk yang bisa jadi penyebab kerusakan ginjal.

1. Terlalu banyak mengonsumsi garam

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut