get app
inews
Aa Read Next : Pakai Baju Adat Bolmong, Putri Rejeki Kasad Mendaftar Bakal Calon DPD RI

Mengenal Tradisi Binarundak di Bolaang Mongondow, Digelar Sepekan Setelah Idul Fitri

Sabtu, 12 November 2022 | 13:30 WIB
header img
Tradisi Binarundak di Bolaang Mongondow Raya. Foto/Istimewa

BOLMONG, iNewsManado.com - Tradisi Binarundak yang jadi ciri khas di Bolaang Mongondow Raya (BMR) akan dibahas dalam artikel kali ini. Tradisi Binarundak, memang jadi sesuatu yang ditunggu-tunggu di BMR. 

Sebelum jauh membahas soal tradisi Binarundak, sekadar diketahui Binarundak merupakan salah satu jenis makanan khas di BMR. Binarundak untuk sebagian besar warga di Sulawesi Utara mengenalnya dengan sebutan Nasi Jaha. 

Dilansir berbagai sumber, Di Kelurahan Motoboi Besar, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi UtaraUtara, Binarundak bahkan telah menjadi ikon. Tak tanggung-tanggung, di kelurahan tersebut telah berdiri sebuah Tugu Binarundak dengan tinggi 18 meter, besar lingkaran bangunan 70 Centimeter, dan diameter alas seluas 1 1/2 meter. 

Kekhasan tradisi Binarundak adalah ketika sehari jelang perayaannya. Bagaimana tidak, keramaian tersaji karena hampir tiap rumah warga mengolah Binarundak. Tentunya, hal itu menjadi daya tarik tersendiri karena digelar sepekan pasca idul fitri. 

Pada puncak perayaannya, berton-ton sabut kelapa dan bahan Binarundak bakal diadakan warga untuk persiapan pembuatan Binarundak.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut