get app
inews
Aa Read Next : Incar Kemenangan di Pilkada Serentak, Demokrat Sulut dapat Dukungan Kaesang-Gibran

Salah Satunya Rajin Minum Air Putih, Ini Tips Cegah Gagal Ginjal Akut

Rabu, 02 November 2022 | 10:52 WIB
header img
Rajin minum air putih salah tips cegah gagal ginjal akut. Foto/ Alodokter

JAKARTA, iNewsManado.com - Rajin minum air putih merupakan salah satu cara cegah gagal ginjal akut. Diketahui, penyakit gangguan gagal ginjal akut terjadi massif dibeberapa daerah di Indonesia. Bahkan, tingkat kematian dari penyakit ini masuk kategori mengkhawatirkan. 

Timbulnya penyakit ini di Indonesia diduga tingginya kandungan senyawa etilen glikol dalam obat batuk sirup yang diedarkan dan dikonsumsi. Penyakit ini bahkan tinggi didapati pada anak-anak. 

Dokter spesialis anak , dr. M. Ramdhani Yassien, MMRS, Sp. A, pun memberikan kiat-kiat untuk mencegah anak terdampak gangguan ginjal akut. 

Dengan jumlah kasus yang terus berkembang hingga 300 lebih, orang tua pun berupaya melakukan pencegahan agar anaknya tidak terkena masalah kesehatan tersebut. 

Menurutnya, langkah pencegahan ini mudah dilakukan lantaran pola hidup sekarang sudah terbiasa dengan protokol kesehatan. Kemudian, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), hal yang jamak dilakukan sejak pandemi Covid-19 mendera. Penerapan prokes dan PHBS, sudah menjadi dasar pencegahan setiap penyakit, termasuk gagal ginjal akut misterius.

Dokter Ramdhani menyebut, selain rajin mengonsumsi air putih, Anak-anak dan orang dewasa wajib menjaga protokol kesehatan, imunisasi lengkap dan perilaku hidup sehat dan bersih wajib dilakukan. 

Sebelumnya, dr. Ramdhani juga telah mengemukan kenapa tidak semua anak mengalami gangguan ginjal akut usai minum obat sirup. Menurutnya, ada dua faktor kemungkinan yang memengaruhi anak tidak atau bisa mengalami gagal ginjal akut misterius.

"Jadi faktor risikonya bisa dihindari dengan pola hidup sehat, jaga kebersihan dan banyak minum, serta imunisasi lengkap. Yang familiar seperti dua tahun ini adalah prokes, jadi kembali lagi pada PHBS ya," jelas dr. Ramdhani dari RSUP Persahabatan dalam Siaran Sehat di Radio Kesehatan, dikutip Rabu (2/11/2022).

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut