get app
inews
Aa
Read Next : NasDem Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024, Begini Respons PKS

Kinerja Bukan Pencitraan Alasan Elektabilitas Prabowo Subianto Terus Melesat

Jum'at, 09 September 2022 | 19:07 WIB
header img
Elektabilitas Prabowo Subianto terus melesat karena kinerjanya dianggap bukan pencitraan. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Prabowo Subianto terus melesat elektabilitasnya disejumlah lembaga survei untuk kategori Calon presiden (Capres) 2024.

Prabowo Subianto terus ditempel dua tokoh, yakni, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Namun, elektabilitas dua tokoh tersebut belum bisa menandingi Prabowo Subianto. 

Salah satu alasan penting elektabilitas Prabowo Subianto terus melesat karena kinerjanya bukan dilihat masyarakat sebagai pencitraan belaka. 

Dikutip iNews.id, lewat Survei Indostrategi Research and Consulting yang dirilis Jumat (9/9/2022) menunjukkan elektabilitas tiga besar masih dipuncaki oleh Prabowo dengan 31,3 persen, Ganjar 20 persen, dan Anies 14,9 persen. 

Direktur Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Iman mengatakan hal ini menarik disoroti di tengah situasi saat ini di mana parpol menggalang poros politik dan tokoh potensial nonparpol mendekati parpol.

“Setidaknya ada dua hal mengapa Prabowo unggul. Hal ini dipicu deklarasi poros Gerindra dan PKB selain kinerjanya dianggap baik oleh publik. Sementara, Ganjar dan Anies mengalami stagnasi, karena publik belum melihat kinerja yang moncer,” kata Arif.

Arif mengatakan bahwa fenomena ini boleh jadi terjadi, karena publik cenderung tidak mempan dengan konten di media sosial.

“Mereka menyadari bahwa apa yang dipertontonkan dari konten-konten yang diunggah di medsos oleh beberapa tokoh yang berhasrat menjadi Capres belum tentu mencerminkan kondisi yang sebenarnya, hanya berupa pencitraan untuk meraih simpati dan dukungan,” ujar Arif

Pemilih terbesar Prabowo berasal dari pemilih Parpol Gerindra(14,7 persen), PDIP (4,1 persen), PKB (3,5 persen), Perindo (1,5 persen) dan Golkar (1,2 persen). Pemilih Gerindra cenderung solid dukungannya terhadap Prabowo. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut