get app
inews
Aa Read Next : Mobil dan Motor Wajib Asuransi Mulai Januari 2025

Hati-hati! Berikut 5 Kesalahan Pengendara Motor di Musim Hujan

Minggu, 14 November 2021 | 12:45 WIB
header img
Kesalahan pengendara motor di musim hujan berpotensi menyebabkan kecelakaan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Musim hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi saat ini membuat Anda harus ekstra hati-hati saat mengendarai motor. Ironisnya, banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan kesalahan pengendara (biker).

Kondisi hujan membuat jalan menjadi lebih licin. Selan itu, hujan deras membuat pandangan mata terganggu. Belum lagi perlengkapan dan peralatan yang dibawa, kerap menganggu visiblitas berkendara.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima kesalahan pengendara motor di musim hujan.

1. Angkat kaki sambil mengendarai saat hujan 

Kesalahan ini kerap ditemui hampir semua pengendara motor saat hujan. Alih-alih menghindari cipratan air, justru dapat membahayakan karena keseimbangan dalam berkendara hilang. Selain itu, menaikan kaki ke bodi motor akan mengurangi kesigapan. Ini berbahaya berpotensi terjadi kecelakaan tunggal.

2. Memakai jas hujan ponco 

Perlu Anda ketahui mengendarai motor menggunakan jas hujan model ponco berbahaya. Jas hujan model ini hanya untuk pejalan kaki.

Jika digunakan untuk mengendarai motor jas hujan akan mengembang akibat terpaan angin. Selain itu, bila menjuntai ke bawah berpotensi terlilit roda atau rantai.

Lihat juga: Tangki Kilang Minyak Pertamina di Cilacap Terbakar, Pasokan BBM Aman

Banyak kasus pengendara atau penumpang terjatuh dari motor karena jas hujan terbelit. Ini mengerikan karena kecelakaan ini membuat cedera serius dan membahayakan nyawa. Sebab itu, gunakan jas hujan khusu motor model celana lengkap.  

3. Mengganti lampu putih

Jangan mengganti lampu kuning halogen asli pabrikan dengan lampu putih LED afermarket. Pada saat cuaca normal cahaya terlihat lebih cerah dan keren. Namun pada posisi hujan intensitas cahaya jadi berkurang. Ini karena lampu berwarna putih tidak bisa menembus hujan sebaik warna kuning. 

4. Memakai sandal 

Menggunakan sendal saat berkendara dalam kondisi hujan juga merupakan suatu kesalahan yang kerap terjadi. Ini karena sendal tidak dapat melindungi kaki secara menyeluruh saat terjadi kecelakaan. Sebab itu tetap gunakan sepatu (gunakan pelindung sepatu) dalam menerapkan safety riding berkendara.

5. Berteduh di bawah jembatan 

Ini sering terjadi saat hujan turun. Pengendara motor yang tidak membawa jas hujan memilih berteduh sembarangan di bawah jembatan. Ini hanya akan membuat lalu lintas macet bahkan tidak gerak.   

Nyatanya banyak pemotor berteduh sembarangan tanpa memikirkan pengendara lain. Jika itu terjadi arus lalu lintas menjadi crowded dan berpotensi terjadi kecelakaan.

Lihat juga: Siswa SMA Tewas Ditabrak Dinihari di Bolsel, Diduga Ada Unsur Kesengajaan Lantaran Dendam

 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut