get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Upacara Toki Pintu, Adat Suku Minahasa dalam Pernikahan

Ini 5 Makam Pahlawan di Sulawesi Utara

Rabu, 10 November 2021 | 14:10 WIB
header img
Makam Sam Ratulangi. (Istimewa)

MANADO, iNews.id – Lokasi makam pahlawan di Sulawesi Utara tersebar di 2 kabupaten, yakni, Minahasa Utara dan Minahasa. Di dua tempat ini berada 5 makam pahlawan. Berikut makam pahlawan di Sulawesi Utara.


Makam Imam Bonjol. (Istimewa)

1 Tuanku Imam Bonjol

Makam pahlawan di Sulawesi Utara yang pertama adalah makam Tuanku Imam Bonjol. Makam Imam Bonjol berada di Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Tuanku Imam Bonjol adalah seorang pahlawan Nasional yang berperan penting dalam Perang Paderi. Beliau dilahirkan di Tanjungbungo (Bonjol), Sumatra Barat pada tahun 1774 dan meninggal dunia dalam pengasingannya di Minahasa pada tahun pada tanggal 8 November 1854.


Makam Sam Ratulangi. (Istimewa)

2 GSSJ Ratulangi

Makam pahlawan di Sulawesi Utara yang kedua adalah makam Sam Ratulangi. Dia dimakamkan di sebuah perbukitan yang berlokasi di Kelurahan Wawalintouan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa.


Makam Maria Walanda Maramis. (Istimewa)

3 Maria Walanda Maramis

Salah satu pejuang emansipasi dari Sulawesi Utara letak makamnya berada di jalur utama Jalan Raya Maumbi, Kabupaten Minahasa Utara atau jalan raya lintasan Manado - Bitung, Sulawesi Utara.

 

4 Kyai Modjo

Makam pahlawan di Sulawesi Utara yang berikut adalah  makam Kyai Modjo. Makam Kyai Modjo terletak di Kelurahan Wulauan, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa. Makam Kyai Mojo merupakan salah satu makam bersejarah di Sulawesi Utara. Kyai Mojo adalah merupakan penasihat spiritual sekaligus panglima kepercayaan Pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa. Kyai Mojo lair pada 1792 dengan nama Muslim Mochammad Khalifa.

 

5 Achmad Rifai

Makam pahlawan di Sulawesi Utara terakhir adalah makam milik Achmad Rifai. Dia berasal dari Jawa Tengah dan meninggal pada usia 83 tahun. Lokasi makam berada satu kompleks dengan Makam Kyai Modjo, Pekuburan Jawa Tondano di Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut