get app
inews
Aa Read Next : Baru Naik Takhta Jadi Raja Baru Kerajaan Inggris, King Charles III Terancam Dipidana

Terungkap! Ini Penyebab Tidak Ada Bendera Negara Warna Ungu

Kamis, 14 Juli 2022 | 12:24 WIB
header img
Tidak ada bendera negara berwarna ungu. Foto/MNC Media

MANADO, iNewsManado.comBendera negara warna ungu ternyata tidak ada di dunia. 

Tahukah Anda alasan kenapa tidak ada bendera negara warna ungu? Dari sekian banyak warna bendera negara di dunia, hampir tidak ada negara yang menggunakan warna ungu sebagai warna benderanya. 

Hanya ada dua negara di dunia yang menggunakan warna ungu di dalam bendera negaranya yakni Dominika dan Nikaragua. Selebihnya, lebih banyak menggunakan warna andalan merah, putih, biru, hijau, atau kuning. 

Penasaran, alasan kenapa tidak ada bendera negara warna ungu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

 

Bendera negara merupakan lambang atau identitas suatu bangsa. Ada sebanyak 195 bendera negara di dunia yang memiliki filosofinya masing-masing. 

Warna yang terkandung di dalamnya pun memiliki makna tersendiri yang mewakili bangsa dan negaranya. Sebagai contoh, bendera Indonesia memiliki warna merah dan putih yang bermakna keberanian dan kesucian. 

Namun, ada satu hal menarik dari warna bendera negara ini. Jika diperhatikan lagi, dari sekian banyak warna bendera suatu negara, rupanya warna ungu menjadi warna yang jarang digunakan dalam bendera negara. 

Alasan kenapa warna ungu hampir tidak dipilih sebagai warna bendera negara adalah karena warna ungu merupakan warna yang cukup langka pada zaman dulu. Dilansir dari Reader’s Digest, pewarna ungu adalah pewarna yang sangat mahal. Hal ini lantaran warna ungu dibuat dari cairan siput Laut Mediterania yang tidak mudah didapatkan. 

Untuk menghasilkan satu gram cairan pewarna, butuh sedikitnya 10.000 siput dari Laut Mediterania. Anda tentu bisa membayangkan berapa banyak siput yang dibutuhkan untuk mewarnai satu buah bendera negara. Inilah alasan mengapa pada zaman dulu, warna ungu sangat jarang digunakan, termasuk untuk mewarnai bendera negara. 

Sangkin langkanya, warna ungu pada masanya hanya digunakan oleh kalangan tertentu seperti keluarga kerajaan. Kerajaan yang menggunakan warna ungu sebagai simbol kerajaannya adalah Kerajaan Inggris. Pada abad ke-16, Ratu Elizabeth I bahkan melarang orang di luar kerajaan menggunakan warna ungu yang menjadi simbol kerajaan ini. 

Seiring berkembangnya zaman, warna ungu sintesis kemudian tercipta pertama kalinya pada abad ke-19 atau sekitar tahun 1859 oleh seorang penemu bernama William Henry Perkin. Warna ungu sintetis yang bisa diproduksi tanpa siput ini pun memudahkan masyarakat dalam menggunakannya.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut