get app
inews
Aa Read Next : Alamak, Pasca Kenaikan BBM Harga Cabai dan Bawang Mulai Merangkak Naik

Terungkap! Ini Penyebab Harga Cabai di Indonesia Mahal

Jum'at, 17 Juni 2022 | 13:10 WIB
header img
Cabai (ilustrasi/istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Harga cabai di sejumlah provinsi di Indonesia terus mengalami kenaikan signifikan. Harga cabai bahkan berada di atas Rp100.000! 

Persoalan harga cabai naik jadi pembahasan utama saat ini. Sebab, akan berdampak pada kenaikan harga pada sejumlah usaha rumah makan. 

Ketua Umum Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia, Abdul Hamid, mengatakan penyebab mahalnya harga cabai sampai dengan saat ini adalah permintaannya tinggi namun pasokannya kurang.

Kurangnya pasokan disebabkan oleh dua hal, yakni faktor cuaca yang tidak menentu dan kondisi tanah yang mengalami kerusakan. Abdul Hamid bahkan menyebut masalah utama krisis pasokan cabai saat ini adalah pada kondisi tanah yang rusak.

Menurut dia, naik-turunnya harga cabai pasti disebabkan oleh supply-demand. Dalam kondisi saat ini, harga cabai mahal disebabkan supply yang kurang. 

"Nah kita harus tahu kenapa supplynya kurang. Ada yang mengatakan bahwa cuaca kita, iklim kita mengganggu, benar. Tapi itu masalahnya adalah masalah sekunder, bukan masalah utama. Masalah utama itu pada tanah kita. Ya, tanah kita itu sedang tidak baik-baik, mereka sedang sakit," kata Abdul Hamid, dalam program Market Review di IDX Channel, Jumat (17/6/2022).

Dia menjelaskan, selain kondisi tanah sedang sakit, petani juga tidak ada inovasi untuk melakukan budidaya, ditambah kondisi cuaca yang tidak menentu sehingga menyebabkan kondisi yang kurang baik. 

"Kalau seandainya kita edukasi petani, tanahnya kita perbaiki, dengan kondisi begini tentu bisalah masih bagus-bagus saja," ujar Abdul Hamid.

Menurut dia, kondisi tanah yang sakit seperti sekarang bisa saja diperbaiki hanya tinggal keinginan dan kemauan semua pihak. Menurutnya kunci utama memang berada pada tanah.

"Kita sama-sama tahu beberapa minggu yang lalu dari guru besar IPB mengatakan 72 persen tanah kita rusak. Itu sebenarnya kita sudah tahu sekitar 13 tahun yang lalu bahwa kondisi kita akan sulit," ungkap Abdul Hamid.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut