get app
inews
Aa Read Next : Wajib Tahu! Ini 5 Harta Karun di Laut Indonesia, Salah Satunya Peninggalan Nabi

Wajib Tahu! Ini 5 Penemuan Harta Karun Terbesar di Dunia

Senin, 06 Juni 2022 | 15:10 WIB
header img
Ilustrasi harta karun. (F: Istimewa)

4. The Dead Sea Scrolls (Palestina)

Pada tahun 1946, seorang penggembala remaja Badui bernama Muhammad edh-Dhib melewati gua itu sambil membawa kambingnya. Entah apa yang terjadi, salah satu anak kambingnya hilang. Dilansir Telegraph, Muhammad edh-Dhib berusaha menemukan anak kambing tersebut dengan melempar kerikil ke arah gua.

Ia amat terkejut ketika mendengar suara seperti pecahan tembikar. Ketika dia pergi ke dalam gua tersebut untuk menyelidiki, dia menemukan beberapa guci berisi kumpulan gulungan papirus atau manuskrip kuno yang disembunyikan dalam tembikar.

Mereka yang tidak mengetahui nilai manuskrip kuno tersebut menjualnya ke pedagang barang antik dengan harga 50 dolar AS. Mendengar penemuan tersebut, para arkeolog berusaha mencari lebih banyak manuskrip lainnya dan menemukan 981 manuskrip kuno. Kini semua manuskrip ini tersimpan di The Israel Museum yang berada di Yerusalem, Palestina.

 

5. Derinkuyu Underground City (Turki)

Kota kuno ini pertama kali ditemukan oleh seorang penduduk lokal tahun 1963. Awalnya, pria yang tidak diketahui namanya itu bermaksud merobohkan dinding rumahnya. Namun, dinding yang roboh itu justru membuka jalan menuju sebuah terowongan tersembunyi. Lorong tersebut mengarah ke kota bawah tanah berusia 3.000 tahun yang kemudian dikenal dengan nama Derinkuyu Underground City. 

Derinkuyu merupakan sebuah kota yang dibangun di bawah tanah dengan menggali batuan-batuan yang tidak terlalu keras. Kota bawah tanah ini pernah diukir tangan dari abu vulkanik oleh penduduk kuno.

Dilansir The Culture Trip, Derinkuyu Underground City terletak 60 sampai 75 meter di bawah tanah. Menurut penelitian, Derinkuyu dibangun oleh orang Frigia selama abad ke-8 SM dan dapat menampung sekitar 20 ribu jiwa.

Layaknya sebuah kota, Derinkuyu terdiri dari rumah penduduk, tempat pertemuan, tempat perlindungan, pasar, kuil ibadah, hingga kandang kuda yang dihubungkan dengan terowongan dan tangga. Hebatnya lagi, kota ini bisa berubah fungsi menjadi tempat persembunyian yang aman.

 

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut