get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Kantor Gubernur Sulawesi Utara

Olly Menteri, Provinsi BMR hingga Skenario PDIP Kuasai Sulut selama 20 Tahun

Rabu, 29 September 2021 | 10:22 WIB
header img
Olly Dondokambey (Istimewa)

MANADO, iNews.id – Saga menteri yang dihembuskan terhadap Olly Dondokambey, gubernur Sulawesi Utara, terus berlanjut.Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang juga menjabat bendahara umum DPP PDIP serta menjabat ketua DPD I Sulut, menjadi jantung kekuatan PDIP di Tanah Nyiur Melambai.

Dibalik Olly yang jika nantinya ditetapkan menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), ada banyak skenario besar yang menjadi efek domino akan pengangkatan Olly tersebut. Informasi diperoleh, jika OD, sebutan tenar Olly, jadi menteri ada banyak rencana yang bakal terwujud, terutama target PDIP menancapkan taring hingga puluhan tahun di Sulut.

Pertama, jika OD bisa menggenggam menteri dan memiliki kewenangan memprovinsikan Bolaang Mongondow Raya (BMR), praktis, Sulut hanya menyisahkan Minahasa Raya, Tomohon dan Nusa Utara. Secara hitungan, jika tanpa BMR, kabupaten yang belum dikuasai PDIP hanya di Kabupaten Talaud dan Sangihe. Kemudian, dalam bocoran yang diterima iNewsManado.id, posisi wakil gubernur (Wagub) yang akan ditinggalkan Steven Kandouw menggantikan Olly sebagai gubernur, kans kuat akan diduduki Hi Herson Mayulu, bekas bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Nah, Mayulu ini diyakini jadi kandidat Penjabat sementara (Pjs) gubernur BMR, apabila Provinsi BMR telah ditetapkan. Dan jika diadakan pemilihan kepala daerah, Mayulu lah yang nantikan akan diusung PDIP sebagai calon gubernur.

“Skenario seperti itu. Pertama soal provinsi BMR dan posisi wagub. Pemilihan Mayulu untuk keterwakilan Muslim,” ujar kader PDIP yang masuk Ring 1 Gedung Putih Pemprov Sulut.

Keuntungan lain, jika Olly diangkat menteri sebelum masa jabatan 2 tahun, diketahui periode kedua ODSK (olly dondokambey-steven kandouw) tidak akan terhitung. Sehingga, Olly memiliki ‘tiket’ untuk kembali bertarung di Pemilihan kepala daerah 2024. Tentunya, dinasti yang telah dibangun serta sistem partai yang akan diperkuat, tidak dimungkiri PDIP bisa menguasai Sulut hingga 20 tahun kedepan.

Pada sejumlah kesempatan, Olly juga sempat menyampaikan kabar penunjukkan dirinya sebagai menteri.

"Soal menteri itu bukan urusan saya. Itu rusan Presiden dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri," ujar Olly saat diwawancarai pada akhir 2019 lalu. Pun, kabar Olly jadi menteri perhubungan belum bisa dipastikan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati berpendapat isu pergantian jabatan menteri tersebut sebaiknya ditujukan langsung kepada pihak Istana Kepresidenan. “Bukan kapasitas kami,” ujar Adita, Kamis (16/9/2021). Lalu menteri apakah yang pas untuk Olly Dondokambey? Kemendagrikah untuk memekarkan BMR? Kita tunggu saja.

 

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut