get app
inews
Aa Read Next : Cacar Monyet Teror Indonesia, 14 Orang Terjangkit

Cacar Monyet Serang Eropa, WHO: Terjadi 100 Kasus

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:43 WIB
header img
Wabah cacar monyet landa eropa. (F: Reuters)

LONDON, iNews.idCacar monyet mewabah di eropa. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat terjadi 100 kasus di sejumlah negara eropa. 

BACA JUGABocah Tewas Dianiaya Ibu Tiri Diduga Alami Luka Bakar di Perut dan Batok Kepala Diduga Retak

Mengantisipasi penyebaran lebih luas, WHO melakukan pertemuan darurat di eropa. WHO mencari tahu kenapa cacar monyet yang identik terjadi di Afrika barat dan tengah mulai mewabah di eropa.

Dilansir Reuters Sabtu (21/5/2022), kasus cacar monyet telah dilaporkan di setidaknya sembilan negara, yakni, Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia dan Inggris - serta Amerika Serikat, Kanada dan Australia.

Spanyol melaporkan 24 kasus baru pada hari Jumat, terutama di wilayah Madrid di mana pemerintah daerah menutup sauna yang terkait dengan sebagian besar infeksi. 

BACA JUGAAstaga! Ketersedian Pangan Menipis, Pemerintah Sri Lanka Sebut Rakyat Akan Kelaparan

Sebuah rumah sakit di Israel merawat seorang pria berusia 30-an yang menunjukkan gejala yang konsisten dengan penyakit tersebut setelah baru saja tiba dari Eropa Barat.

Pertama kali diidentifikasi pada monyet, penyakit ini biasanya menyebar melalui kontak dekat dan jarang menyebar ke luar Afrika, sehingga rangkaian kasus ini memicu kekhawatiran.

Namun, para ilmuwan tidak mengharapkan wabah tersebut berkembang menjadi pandemi seperti COVID-19, mengingat virus tersebut tidak menyebar semudah SARS-COV-2.

Cacar monyet biasanya merupakan penyakit virus ringan, ditandai dengan gejala demam serta ruam bergelombang yang khas.

"Ini adalah wabah cacar monyet terbesar dan paling luas yang pernah terlihat di Eropa," kata layanan medis angkatan bersenjata Jerman, yang mendeteksi kasus pertamanya di negara itu pada hari Jumat.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut