get app
inews
Aa Read Next : Polri Bekuk Tiga Terduga Teroris di Jawa Timur

Heboh, Situs Kuno Benteng Istana Majapahit Ditemukan di Pegunungan Jawa Timur

Senin, 16 Mei 2022 | 07:25 WIB
header img
Situs kuno Kerajaan Majapahit. (F: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Penemuan menghebohkan terjadi di Jawa Timur. Adalah situs kuno benteng istana Majapahit yang ditemukan sehingga membuat kehebohan karena bentuk situs serupa dengan tembok China.

Dalam kanal YouTube Kuno Brono, pemilik akun menemukan tembok raksasa yang mirip Tembok Besar China.

BACA JUGA: Sadis! Pria Ini Tembak Mati 10 Orang dan Lakukan Siaran Langsung

Situs itu berada di tengah hutan Gunung Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Dikatakan, tembok itu dibuat sekitar abad ke-15, di bawah kepemimpinan Raja Girindrawardana.

Sang pemilik akun memperlihatkan secara detail jika tembok yang memanjang itu memiliki ketebalan sekitar 2 meter.

Diperkirakan, ketinggiannya sekitar 4 meter dan panjangnya mencapai 300 metar.

Letaknya berada di bawah pohon mangga dan pohon pisang, kemudian terdapat tanaman lompong alias daun talas yang sangat subur di sekitarnya.

BACA JUGA: Video Pelajar Pria Aniaya Pelajar Wanita Diduga Pacarnya Bikin Gempar Warga Pinrang

Sayang, batu bata tebal yang tersusun pada tembok raksasa itu sudah roboh dan diselimuti lumut serta rumput liar yang hijau.

"Jadi panjangnya itu sekitar 300 meter. Panjang sekali. Sayangnya ini sudah ambruk dan lumut sekali," ujar pemilik akun, dikutip Sabtu (14/5/2022).

Sang pemilik akun menyelipkan sedikit informasi terkait situs bangunan kuno Indonesia. Katanya, bangunan zaman dahulu tak memerlukan semen sebagai perekat batunya. Hanya ditumpuk begitu saja, karena orang pada zaman itu memiliki kesaktian tersendiri.

"Gak usah semen sudah kuat sekali seperti ini. Jadi tuh tebal-tebal sekali batu batanya," katanya lagi. Letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk, persisnya di tengah hutan sepi yang tertutup dengan semak belukar dan rumput yang mengelilingi tembok tersebut, membuat situs bersejarah ini hanya diketahui oleh penduduk setempat saja.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada penelitian secara pasti apakah benar bangunan tersebut merupakan situs Majapahit.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut