get app
inews
Aa Read Next : Makin Memanas, Begini Awal Mula Sejarah Panjang Konflik China dan Taiwan 

Dipasok ke Ukraina, Taiwan Tunda Kirim Rudal Stinger ke Amerika Serikat

Selasa, 03 Mei 2022 | 17:16 WIB
header img
Rudal Stinger sedang digunakan Tentara Taiwan. (F: Reuters)

TAIPEI, iNews.id – Rudal Stinger merupakan salah satu rudal andalan penghancur sejumlah misil Rusia di Ukraina.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pengiriman rudal anti-pesawat Stinger ditunda dan mereka menekan Amerika Serikat untuk dikirim sesuai jadwal karena perang di Ukraina menekan pasokan dikutip Reuters.

BACA JUGA: Heboh! Postingan Dugaan SARA Rektor ITK, Sebut Mahasiswi Menutup Kepala ala Manusia Gurun

Rudal tersebut sangat diminati di Ukraina, di mana mereka telah berhasil menahan pesawat Rusia, tetapi pasokan AS telah menyusut dan memproduksi lebih banyak senjata anti-pesawat menghadapi rintangan yang signifikan.

Amerika Serikat menyetujui penjualan 250 rudal Stinger Raytheon Technologies (RTX.N) ke Taiwan pada 2019. Media Taiwan melaporkan Taiwan diharapkan menyelesaikan pengiriman pada 2026.

BACA JUGA: Catat! SEA Games 2022 LIVE di iNews, MNCTV, dan RCTI

Chu Wen-wu, wakil kepala departemen perencanaan tentara Taiwan, mengatakan pengiriman itu mungkin tertunda.

"Memang benar bahwa karena perubahan situasi internasional, mungkin ada risiko keterlambatan pengiriman rudal Stinger portabel tahun ini," katanya dalam konferensi pers. "Angkatan Darat akan berkoordinasi dengan rencana pengadaan penuh dan terus meminta militer AS untuk mengimplementasikannya secara normal sesuai dengan kontrak."

Juru bicara kementerian Sun Li-fang menambahkan bahwa pengadaan tank General Dynamics Corp (GD.N) M1A2 Abrams adalah "normal" - Taiwan berencana untuk membeli 108 di antaranya dengan pengiriman pada tahun 2027.

Angkatan udara Taiwan juga berhubungan dengan Amerika Serikat untuk memastikan bahwa pengiriman jet tempur F-16 baru berlangsung sesuai jadwal sebelum 2026, katanya. Ini adalah kedua kalinya dalam minggu ini kementerian memperingatkan pengiriman senjata AS yang tertunda.

Dikatakan pada hari Senin bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan opsi senjata alternatif setelah Amerika Serikat memberi tahu bahwa pengiriman sistem artileri akan tertunda karena jalur produksi yang "ramai".

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut