get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Kantor Gubernur Sulawesi Utara

NSIF dan Kawanua Digitation 2024, Kolaborasi KPw BI Sulut Bersama Pemprov Sulut

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 21:50 WIB
header img
North Sulawesi Investment Forum (NSIF) dan Kawanua Digital Implementation (Digitation) 2024, Kolaborasi KPw BI Sulut bersama Pemprov Sulut (Foto iNewsManado/Subhan)

Digitalisasi terutama dalam pola perdagangan dan transaksi pembayaran menunjukkan perkembangan yang signfikan pasca pandemi. Data terkini di akhir semester pertama 2024, menunjukkan jumlah merchant QRIS di Provinsi Sulut sudah mencapai 280.129 merchants dan 431.548 pengguna serta 8,5 juta volume transaksi. 

Mencermati perkembangan tersebut kegiatan NSIF 2024 turut dirangkaikan dengan kegiatan Kawanua Digital Implementation (Digitation) yang diharapkan dapat mendorong transaksi pembayaran non-tunai, serta mendorong komitmen peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Selaras dengan tujuan tersebut pada kegiatan NSIF dan Kawanua Digitation 2024 juga turut dilaksanakan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) kesepakatan bersama antara Gubernur dengan Bupati/Walikota diantaranya Manado, Tomohon, dan Sangihe, terkait optimalisasi pajak daerah di antaranya penerapan opsen pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), mineral bukan logam batuan (MBLB). 

Pada kesempatan yang sama turut dilaksanakan peluncuran digitalisasi pembayaran menggunakan QRIS pada retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) di Kota Bitung dan pembayaran sewa rusunawa di Kota Manado. 

Di samping penandatanganan kerja sama dan peluncuran transaksi pembayaran QRIS turut dilakukan penyerahan apresiasi pemenang QRIS afiliator kepada PJP Bank di Sulut 2024 yaitu Bank Mandiri, BCA, BNI, dan Maybank yang diberikan langsung oleh Kepala KPw BI Sulut Andry Prasmuko kepada masing-masing pimpinan bank.

Dalam sambutan penutupnya Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta menyampaikan bahwa sinergi, komitmen, dan koordinasi seluruh pihak menjadi aspek penting keberhasilan pelaksanaan NSIF dan Kawanua Digitation 2024 kali ini. 

"Kolaborasi bersama dengan BI Sulut yang telah terjalin kuat ini perlu terus diperkuat sehingga pada akhirnya akan membawa kebermanfaatan yang lebih luas bagi masyarakat khususnya melalui kegiatan promosi investasi, perdagangan, dan digitalisasi sistem pembayaran untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan mendukung visi Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik," tutur Filianingsih.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut