get app
inews
Aa Read Next : Kajari Minahasa Diganti, Ini Sosok Pejabat Baru

Penghasil Kelapa Terbesar di Indonesia, Ini Sejarah Perkembangan Kelapa di Sulawesi Utara

Minggu, 27 Februari 2022 | 12:21 WIB
header img
Kelapa di Sulawesi Utara jadi prioritas. (Foto: lovepick/istimewa)

MANADO, iNews.id – Sulawesi Utara jadi penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Kelapa banyak terdapat di negara Asia dan Pasifik yang menghasilkan 5,3 juta ton (82%) produksi dunia yang meliputi 12 negara, sedangkan sisanya oleh negara di Afrika dan Amerika Selatan.

Indonesia merupakan negara perkelapaan terluas yang tersebar di Riau, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Aceh, Sumatra Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku.

Indonesia menempati posisi produsen kelapa terbesar di dunia dengan jumlah produksi 183 juta ton per tahun pada tahun 2018. Sebagian besar kelapa Indonesia diproduksi di provinsi Sulawesi Utara. Maka dari itu, Sulawesi Utara dijuluki daerah Nyiur Melambai.

Dikutip http://balitka.litbang.pertanian.go.id, kelapa dibawa bangsa penjajah di Sulawesi Utara. Pada 1927, Ledakan hama Sexava sp. dan musim panas yang panjang di Sulawesi Utara, mengakibatkan sekitar 100.000 tanaman kelapa Musnah. Untuk menyelesaikan masalah itu, Pemerintah Belanda mendirikan Lembaga Penelitian Kelapa pada tahun 1930  dengan nama Klapper Proofstation (Stasiun Percobaan Kelapa) di Sario Manado, dengan kebun percobaan yang berlokasi di Mapanget.

Penelitian utama adalah seleksi dan pengumpulan beberapa aksesi kelapa oleh Dr. P.L.M. Tammes (Peneliti Belanda). Koleksi kelapa yang terletak di kebun percobaan Mapanget dikenal sebagai Koleksi Tammes dan masih dirawat hingga saat ini.

Tahun 1961, pemerintah Indonesia memberikan perhatian serius pada Penelitian Kelapa dan mendirikan Lembaga Penelitian Tanaman Lemak. Pada tahun 1962, Instusi ini berubah nama menjadi Lembaga Penelitian Kelapa dan Tanaman Lemak Lainnya. Pada tahun 1967, bergabung dengan Lembaga Penelitian Serat dan Tanaman Indutrial Lainnya dan menjadi Lembaga Penelitian Tanaman Industri (LPTI / Lembaga Penelitian Tanaman Industri).

Lembaga ini mengawasi 3 cabang regional, Cabang Regional I di Bogor, Cabang Regiona II di Bandar Lampung, dan Cabang Regional III terletak di Manado yang melakukan penelitian kelapa.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut