get app
inews
Aa Read Next : Dapatkan Promo Cashback Menarik Untuk Pembelian Produk Washing Machine di Modena Home Center Manado

Tol Manado-Bitung 39,8 KM Diresmikan, Ini Harapan Jokowi

Jum'at, 25 Februari 2022 | 16:15 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi).(Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Tol Manado-Bitung diresmikan Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung mendorong pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut). 

Di mana pertumbuhan ekonomi Sulut di tahun ini diharapkan melebihi tingkat pertumbuhan makro ekonomi nasional.

Presiden Jokowi telah meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer (Km), setelah konstruksi Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 Km dirampungkan.

Kepala Negara memastikan keberadaan Tol Manado-Bitung akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, dan mobilitas orang dari Manado ke Bitung dan Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung. Dengan begitu, akan ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di kawasan tersebut.

"Kita berharap pembangunan ini muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional, karena di 2021 di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita," ujar Jokowi dalam peresmian tersebut, Jumat (24/2/2022).

Dalam arsip pemberitaan MNC Portal Indonesia, perekonomian Sulawesi Utara tumbuh sebesar 4,16% pada 2021. Berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku 2021, pertumbuhan mencapai Rp142,60 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 91,79 triliun.

Dari sisi produksi, sebanyak 16 lapangan usaha tumbuh positif, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 12,72%.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat struktur ekonomi Sulut pada 2021 didominasi oleh lima lapangan usaha yakni, pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 21,08%. 

Kemudian perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 13,09%.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut