get app
inews
Aa Read Next : E2L Digoyang Proyek RSUD Mala, Inspektorat Talaud: Temuan BPK, PT MBN yang Bertanggungjawab

Kemenkes Siapkan Sambungan Internet pada 700 Puskesmas di Indonesia

Selasa, 09 Juli 2024 | 14:16 WIB
header img
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com – Salah satu indikator peningkatan layanan kesehatan adalah penguatan primary care. Puskesmas di Indonesia terus ditingkatkan pelayanannya. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap pada tahun 2025, layanan di Puskesmas dapat optimal, termasuk penyediaan imunisasi lengkap dan skrining penyakit yang baik.

"Setelah melihat struktur demografi dan epidemiologi orang Indonesia, kita tidak bisa hanya mengandalkan intervensi di rumah sakit. Primary care harus diperkuat," ujar Menkes dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin 8 Juli 2024  dilansir IDXchannel.

Layanan primary care yang diharapkan mencakup imunisasi, skrining penyakit, dan penanganan dari 126 layanan kesehatan. Revitalisasi puskesmas diperlukan untuk mengintegrasikan layanan-layanan ini, termasuk penguatan alat laboratorium, pelatihan bagi kader Posyandu, formalisasi Puskesmas pembantu, dan digitalisasi layanan.

Kemenkes menargetkan pemasangan Starlink di 700 Puskesmas di seluruh Indonesia yang belum memiliki koneksi internet pada tahun 2024.

"Dengan koneksi internet, training bisa dilakukan melalui Zoom, sehingga Puskesmas di daerah terpencil tetap bisa terjangkau," kata Menkes.

"Primary care adalah lini pertama kesehatan masyarakat, jadi pelayanan di Puskesmas harus dioptimalkan. Ini sangat penting," tambahnya.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut