get app
inews
Aa Read Next : Profil Desa Modisi, Desa yang Jadi Tempat Relokasi Warga Terdampak Gunung Ruang

301 KK Terdampak Erupsi Gunung Ruang akan Menetap di Desa Modisi Bolsel

Sabtu, 04 Mei 2024 | 20:19 WIB
header img
Pemkab Bolsel lewat pemerintah kecamatan Pinolosian Timur bersama tim Pemprov saat meninjau lokasi warga terdampak gunung ruang di Desa Modisi, Pintim, Bolsel, Sabtu (4/5/2024). Foto/Istimewa

BOLSEL, iNewsManado.com – Sebanyak 301 kepala keluarga (KK) yang terdampak erupsi Gunung Ruang akan dipindahkan ke Desa Modisi, Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Kepala Kecamatan (Camat) Pintim Junaidi Paputungan SE melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Wissie Jacobus S.Sos mengatakan, pihaknya telah mengecek sekaligus mengadakan pembersihan lokasi penempatan 301 KK yang terdampak gunung ruang.

“Kami bersama beberapa tim dari Provinsi telah meninjau langsung lokasi penempatan warga terdampak gunung ruang. Jadi ada sekira 10 hektare lahan yang disiapkan,” ujarnya, Sabtu (4/5/2025).

“Jadi mereka (warga terdampak gunung ruang) akan pindah di sini (Bolsel). Mereka bukan lagi sebagai pengungsi,” ungkap dia.

Menurut dia, segala keperluan untuk kedatangan warga terdampak gunung ruang terus disiapkan.

“Sesuai perintah bupati, jadi kami mengecek dan menyiapkan hal-hal terkait kedatangan para warga yang terdampak. Asisten II Pemkab Bolsel Ichan Utiah juga turun langsung mengecek," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat turun di sekitar lokasi Gunung Ruang, Jumat (3/5/2024), mengatakan warga yang terdampak di Pulau Gunung Ruang akan dipindahkan.

“Jadi ada sekira 301 kepala keluarga yang akan dipindahkan keluar dari tempat ini. Lahan di sini (Pulau Gunung Ruang) tidak memadai, sehingga mereka harus dipindahkan di tempat baru. Itu juga sudah sesuai imbauan BMKG dan saya juga akan menyurat ke kementerian terkait,” ujarnya.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut