get app
inews
Aa Read Next : Pascakasus Kematian Konsumsi Minuman Beralkohol, Ini Langkah Polda Sulut

Viral Kematian Akibat Minum Captikus, Ini Penjelasan Rumah Sakit Siloam Sonder

Kamis, 02 Mei 2024 | 19:36 WIB
header img
RSU GMIM Siloam Sonder beri penjelasan terkait viral kematian akibat mengonsumsi Captikus. Foto/Istimewa

MINAHASA, iNewsManado.com – Viralnya beberapa kasus kematian diduga karena mengonsumsi minuman beralkohol di beberapa desa di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, memunculkan kepanikan di tengah masyarakat. Adanya kesimpangsiuran data dan keterangan yang muncul di sosial media, menjadi tanda tanya publik Sulawesi Utara.

Pihak Rumah Sakit Siloam Sonder yang diketahui menangani beberapa pasien yang meninggal karena mengonsumsi Minuman beralkohol memberikan penjelasan terkait kejadian tersebut.

dr Boy Paendong, Kabag Medis dan Keperawatan RSU GMIM Siloam Sonder. Foto/Istimewa

 

Dokter Boy Andre Paendong, Kabag Medis dan Keperawatan RS Siloam Sonder diwawancara mengatakan, pihaknya sempat menangani beberapa pasien yang meninggal yang oleh beberapa netizen mengklaim karena meneguk Captikus.

“Sesuai data, rumah sakit siloam memang menangani pasien yang meninggal dengan memiliki riwayat telah mengonsumsi alkohol jenis Captikus (keterangan dari keluarga). Tetapi, pada saat penanganan, pasien itu mengonsumsi minuman beralkohol dua atau tiga hari sebelum dibawa ke rumah sakit,” jelas Dokter Boy kepada iNewsManado.com, Kamis (2/5/2024).

Dia mengungkapkan, pihaknya tidak menangani pasien yang sedang mabuk dan meninggal di rumah sakit.

“Jadi ketika datang ke rumah sakit, para pasien rata-rata datang dengan keluhan sakit kepala, mata kabur, pusing, sesak nafas, penurunan kesadaran, bahkan ada yang kejang. Itu pernyataan keluarga kepada tim medis kami. Kemudian kami tangani,” bebernya.

Ditanyakan apakah kematian pasien yang ditangani RS Siloam Sonder akibat Minuman keras, Dokter Boy Paendong memberikan penjelasan.

“Kami tidak bisa memutuskan pasien meninggal karena Minuman keras. Sebab, untuk membuktikan itu harus dilakukan otopsi untuk menentukan apakah meninggal karna minuman keras yang memiliki zat kimia berlebihan atau di capur dengan zat-zat berbahaya lainya. Karena ketika dilakukan otopsi akan diketahui penyebab kematian pasien, apakah karena minuman keras atau ada penyakit lain,” ungkap dia.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut