get app
inews
Aa Read Next : Sukses Tingkatkan Produktivitas Petani Hampir 17 persen, Pupuk Kaltim Gelar Panen Raya Sedap Malam

Demplot Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Cabai Bolmut hingga 67 Persen

Senin, 22 April 2024 | 04:23 WIB
header img
PT Pupuk Kaltim panen demplot komoditas cabai di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Foto: Istimewa)

BOLMUT, iNewsManado.id - Program pendampingan petani dalam mendorong produktivitas tanaman dan hasil pertanian masyarakat yang dilakukan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berhasil meningkatkan produktivitas cabai di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (18/4/2024).

Keberhasilan Pupuk Kaltim itu ditandai panen Demonstration Plot (Demplot) komoditas cabai di Desa Binuanga Kecamatan Bolangitang Timur, Kabupaten Bolmut mampu mencapai produktivitas hasil sebesar 170 Kilogram (Kg), dari sebelumnya hanya berkisar antara 80-120 Kg per Hektare (Ha).

VP Marketing Business Partner Korporasi Pupuk Kaltim Indah Febrianty menyampaikan bahwa demplot kali ini disasar untuk memacu produktivitas hortikultura yang merupakan komoditas andalan di Bolmut, sekaligus bentuk dukungan Pupuk Kaltim dalam memaksimalkan potensi pertanian agar semakin berdampak terhadap kesejahteraan petani, melalui penerapan pola pemupukan berimbang menggunakan produk berkualitas dan ramah lingkungan.

"Dari demplot kali ini, kita bisa melihat peningkatan produktivitas mencapai 67 persen dari sebelumnya. Ini membuktikan hasil bisa dicapai maksimal jika lahan pertanian dengan pola pemupukan dilakukan secara tepat dan berimbang," tutur Indah.

Dijelaskan Indah, demplot kali ini menggunakan pupuk NPK Pelangi 16-16-16, serta pupuk hayati Ecofert yang sengaja diproduksi Pupuk Kaltim untuk meningkatkan daya dukung lahan pertanian. Pupuk ini pun dirancang mampu menyesuaikan dengan berbagai karakteristik lahan dan tanaman, baik komoditas pangan maupun hortikultura.

Hal ini pun diharap mampu menginspirasi petani setempat, agar ke depannya dapat diterapkan secara merata di seluruh kawasan pertanian yang ada. Dimana hasil demplot cabai ini pun semakin membuktikan kualitas NPK Pelangi sangat cocok mendorong produktivitas tanaman, serta bisa menjadi momentum petani khususnya di Sulawesi Utara untuk meningkatkan daya saing hasil komoditas dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut