get app
inews
Aa Read Next : Ini 8 Lokasi Kuliner di Manado yang Populer

Amerika Serikat Larang Impor Kendaraan Listrik Buatan China

Selasa, 16 April 2024 | 06:25 WIB
header img
Amerika Serikat larang impor kendaraan listrik buatan China. Foto/Istimewa

WASHINGTON, iNewsManado.com – Amerika Serikat resmi melarang impor kendaraan listrik buatan China.

Ketua Komite Perbankan Senat, Senator Sherrod Brown, mengatakan kendaraan listrik Tiongkok adalah ancaman nyata bagi industri otomotif Amerika.

“Kami tidak bisa membiarkan Tiongkok membawa kecurangan yang didukung pemerintah ke dalam industri otomotif Amerika,” kata Senator Brown dikutip BBC pada Selasa (16/4/2024).

Senator Brown, yang merupakan anggota Partai Demokrat dari negara bagian Ohio, yang merupakan produsen mobil, berupaya untuk memenangkan masa jabatan keempat dalam pemilu November 2024.

Tiongkok merupakan produsen mobil terbesar di dunia dan bersaing dengan Jepang untuk menjadi eksportir kendaraan terbesar.

Namun, jumlah mobil Tiongkok di jalan-jalan AS sangat rendah karena AS saat ini mengenakan tarif sebesar 27,5% pada kendaraan.

Saat berkunjung ke Tiongkok, Menteri Keuangan AS Janet Yellen memperingatkan Beijing bahwa Washington tidak akan membiarkan terulangnya “kejutan Tiongkok” di awal tahun 2000an, ketika impor Tiongkok membanjiri Amerika.

Wakil Menteri Keuangan Tiongkok, Liao Min, menyatakan keprihatinan besar atas pembatasan yang diberlakukan AS terhadap perdagangan dan investasi. Liao mengatakan keunggulan kompetitif Tiongkok disebabkan oleh pasarnya yang berskala besar, sistem industri yang lengkap, dan sumber daya manusia yang melimpah.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut